home ×
Technology

Mengenal Penjelajah Bulan Pertama untuk Misi Apollo 11 NASA

19 July 2019 By
Mengenal Penjelajah Bulan Pertama untuk Misi Apollo 11 NASA
Uzone

(Foto: dok. NASA)

Uzone.id -- Misi penjelajahan Bulan oleh kru Apollo 11 dari NASA menjadi salah satu momen paling bersejarah di dunia. Misi luar biasa ini usianya telah menginjak 50 tahun dan rasanya tak afdol kalau gak membahas tentang tiga jagoan astronaut yang menjalankan Apollo 11.

Nama Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins akan selalu diingat oleh mayoritas warga dunia berkat pengabdian mereka yang begitu menakjubkan dalam misi eksplorasi Bulan yang dilaksanakan dari 16 Juli sampai 24 Juli 1969.

Sebelum dipilih untuk menjadi tim Apollo 11, ketiga pria hebat ini sudah makan asam garam perjalanan luar angkasa sebelumnya. Jadi, mereka gak ditunjuk secara random begitu saja.

Baca juga: Cerpen Pendaratan Bulan Muncul di Google, Ada Suara Astronaut Apollo 11

Pertama, Neil Armstrong. Namanya begitu mentereng karena dikenal sebagai komandan berbagai misi NASA, termasuk Apollo 11 sendiri. 

Armstrong lahir di Ohio, 5 Agustus 1930. Sebelum memimpin Apollo 11, dirinya dikenal sebagai pilot misi Gemini 8 yang mengorbit di Bumi. Armstrong dikenal sebagai pribadi yang begitu andal dalam mengendalikan tiap wahana antariksa yang dibawanya di ruang mikrogravitasi.

dok. NASA

 

Usianya kala itu 38 tahun saat dirinya ditunjuk sebagai salah satu kru Apollo 11. Armstrong juga mendapat ‘status’ baru sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

One small step for man, one giant leap for mankind” adalah ucapannya ketika hendak menginjak permukaan Bulan pertama kali setelah menuruni anak tangga dari kapsul mini. Ucapannya itu menjadi begitu ikonis dan dianggap sebagai harapan baru bagi dunia eksplorasi oleh manusia di Bumi.

Armstrong wafat di Cincinnati, Ohio, pada 25 Agustus 2012 akibat penyakit komplikasi dan pneumonia.

Kedua, Buzz Aldrin. Pria yang doyan berbicara nyablak ini memiliki nama lengkap Edwin Eugene Aldrin. Namun, sejak dulu lebih akrab disapa Buzz Aldrin.

(dok. biography.com)

 

Yup, kamu gak salah jika berpikir kalau karakter Buzz Lightyear dari saga ‘Toy Story’ terinspirasi dari namanya. 

Aldrin lahir di New Jersey, 20 Januari 1930. Dia juga dikenal beberapa kali menjalankan misi terbang di luar angkasa dan ditunjuk menjadi pilot misi Gemini 12 pada November 1966. 

Selain itu, Aldrin juga pernah berjalan di luar angkasa (spacewalk) selama 140 menit untuk mendemonstrasikan bahwa astronaut juga bisa bekerja secara efisien di luar kendaraan antariksa.

Untuk Apollo 11, Aldrin berperan sebagai pilot modul Bulan yang mengantarkan ketiganya menuju sang satelit Bumi, serta menjadi manusia kedua yang berjalan di permukaan Bumi. Usianya kala itu 39 tahun.

Aldrin masih hidup segar bugar hingga hari ini dan kerap menyuarakan semangatnya untuk NASA agar segera menjalankan misi ke Mars.

Ketiga, Michael Collins. Lahir di Roma, Italia, 31 Oktober 1930, Collins bisa dibilang menjadi satu-satunya kru inti Apollo 11 yang tidak kebagian menginjakkan kaki di Bulan. Collins kedapatan tugas sebagai komando modul Bulan yang terbang di atas permukaan Bulan selama dua koleganya menjelajah di sana.

(dok. NASA)

Collins sebelumnya pernah menjadi pilot misi Gemini 10 pada Juli 1966, di mana kala itu dirinya menghabiskan waktu selama 1,5 jam melakukan spacewalk di luar pesawat luar angkasa.

Ketiganya sukses menjalankan misi Apollo 11. Di video animasi singkat yang digarap Google, Collins sebagai narator, mengungkapkan betapa kagum, terharu, dan bangga dirinya menjadi salah satu astronaut Apollo 11.

“Bumi adalah pemandangan utama kami selama memasuki orbit Bulan,” ucap Collins.



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

363 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Code ERROR 404 18 October 2019 | 19:36:16

orang orang yang jenius yang bisa pergi kebulan

Riyan Kurniawan 14 October 2019 | 02:30:22

siapa sajakah yang ikut dalam ekapediai

DimasHardstyle 09 October 2019 | 15:41:54

semoga saja berhasil yaa menjelajahi bulannya itu jangan sampai ga

Idriss Osd 30 September 2019 | 09:39:25

semoga berhasil jelajahnya jangan sampai tidak

Alam Nurdin 22 September 2019 | 14:38:35

siapa sajakah yang ikut dalam ekapediai

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article