Bye dari Android, Jam Pintar Huawei Watch GT 2 Sudah HarmonyOS?

10 October 2019 by
<i>Bye</i> dari Android, Jam Pintar Huawei Watch GT 2 Sudah HarmonyOS?

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Ada satu hal menarik dari Huawei Watch GT 2. Jam tangan pintar ini ternyata sudah tinggalkan sistem operasi Android dari Google.

Berbicara tentang Huawei memang cenderung agak panjang, karena masih hangat seputar perang dagang dengan pemerintah Amerika Serikat yang berencana memblokir kerja sama bisnis dengan perusahaan China ini.

Dampak tersebut memengaruhi bisnis sektor teknologi, dalam hal ini kerja sama pasokan hardware maupun software dari perusahaan AS seperti Google terhadap Huawei. Meski begitu, Huawei sendiri telah menyiapkan sistem operasi mandiri yang diberi nama HarmonyOS.

Lantas, apakah Watch GT 2 sudah berjalan di HarmonyOS?

Ternyata belum juga, gaes

Baca juga: Fungsi Lengkap 5 Kamera Huawei Nova 5T

“Watch GT 2 ini bukan Android Wear, jadi OS-nya bukan pakai Android dari Google ya. Tapi ini juga belum sepenuhnya HarmonyOS,” ucap Lo Khing Seng selaku Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia usai peluncuran produk di Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Dia melanjutkan, “saat ini Watch GT 2 ini menggunakan sistem operasi bikinan Huawei sendiri secara internal. Jadi kita bikin mandiri, namun memang belum HarmonyOS. Belum ada namanya sih sebenarnya. Jadi bukan Android, namun belum HarmonyOS.”

Memang agak membingungkan, apalagi mengingat beberapa waktu lalu ada pernyataan yang menyebut bahwa perangkat Huawei yang siap dirilis dengan OS Harmony adalah TV pintar dan jam tangan pintar.

Maka, sebetulnya gak terlalu mengejutkan apabila Watch GT 2 ini sudah menggunakan HarmonyOS.

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

 

“Alasan belum pakai HarmonyOS sebetulnya ya karena kami sudah lebih dulu mengembangkan Watch GT 2 ini sebelum perang dagang dengan AS dan penentuan tentang penggunaan HarmonyOS itu sendiri. Jadi, bisa dibilang kami sudah keduluan bikin jam tangan ini,” kata Lo Khing Seng.

Dia kemudian menambahkan, “yang jelas kami memang mengarah ke sana, di mana perangkat pintar Huawei akan memakai HarmonyOS ke depannya. Nanti tunggu tanggal mainnya saja.”

Baca juga: Ada Fitur Apa Aja di Apple Watch 5?

Huawei GT 2 memiliki ukuran 46mm atau layar 1,39 inci panel OLED HD dan teknologi 3D dengan bezel super tipis. Seperti jam tangan pintar pada umumnya, Watch GT 2 ini mendukung aktivitas yang berbau kesehatan bagi penggunanya.

Huawei Watch GT 2 memiliki fitur TruSeen 3.5 yang dapat memonitor denyut jantung selama 24 jam. Selain itu, Watch GT 2 juga bisa memantau aktivitas tidur melalui fitur TruSleep 2.0 dan memeriksa kondisi stres penggunanya.

Berbobot 41 gram, Watch GT 2 diotaki prosesor Cortex-M7 dan chip Kirin A1, serta didukung teknologi GPS yang dapat memantau pergerakan pengguna.

Watch GT 2 ini kedap air, dibekali kapasitas baterai 455 mAh yang diklaim tahan dalam kurun waktu 2 pekan, RAM 4GB, dan memori internal 32GB. 

Tersedia dalam varian warna Matte Black, Sunset Orange, dan Pebble Brown, Huawei membanderol Watch GT 2 seharga Rp2,79 juta untuk Sport Edition dan Rp2,99 juta untuk Classic Edition. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

43 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
leon grey 17 October 2019 | 16:13:58

wuih mantap lah huawei sangat menarik sekali

Riyan Kurniawan 16 October 2019 | 11:04:55

hhh bagus banget

Aldi Saputra 13 October 2019 | 07:50:40

bang main ff dong bang

Aldi Saputra 13 October 2019 | 07:49:29

hhh bagus banget

Ridwan Parera 13 October 2019 | 01:33:46

bang nanti maen ff nya bersama ya gan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top