Waduh, Jutaan Data Pribadi Selebgram Bocor

21 May 2019 by
<i>Waduh</i>, Jutaan Data Pribadi Selebgram Bocor

(Ilustrasi Instagram/The Verge)

Uzone.id -- Memang benar-benar gak ada yang aman 100 persen rasanya di dunia maya. Database berisi informasi pribadi jutaan influencer Instagram baru-baru ini bocor di internet.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh periset keamanan Anurag Sen. Database yang disimpan oleh Amazon Web Services itu memiliki sekitar 49 juta arsip yang dibiarkan begitu saja tanpa password sehingga bisa diintip oleh siapapun.

Gara-gara hal tersebut, berbagai informasi pribadi milik jutaan selebgram bocor, seperti nomor telepon, alamat email, lokasi, foto profil, dan data lain seperti angka engagement dan reach mereka.

“Dari hasil pelacakan, pemilik database itu adalah perusahaan pemasaran media sosial Chtrbox yang basisnya di Mumbai, India,” ungkap Sen kepada media TechCrunch.

Baca juga: Gara-gara Polling Instagram, Remaja Malaysia Bunuh Diri

Sebagai perusahaan pemasaran, Chtrbox membayar influencer untuk mengunggah konten iklan di akun mereka. Sementara itu, pendiri Chtrbox, Pranay Swarup mengatakan telah menghapus database itu dari internet. Sayangnya gak ada penjelasan mengapa mereka bisa menyimpan data pribadi jutaan selebgram.

Gak ada rincian lebih dalam juga mengenai negara asal selebgram atau influencer Instagram yang datanya bocor tersebut. Yang jelas, “jutaan selebgram” tentu angka yang banyak.

“Kami sedang melacak masalah ini agar mengetahui apakah data yang diperoleh itu berasal dari Instagram atau sumber lain. Kami juga meminta pihak Chtrbox untuk menjelaskan asal-usul data tersebut dan kenapa bisa dikonsumsi secara umum,” tutur juru bicara Instagram kepada Engadget.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

239 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhammad Rizal 17 June 2019 | 15:30:20

Data yang harusnya dijaga dengan baik

Jeremy Christy9 17 June 2019 | 14:45:41

Sangat mencengangkan hal ini terjadi

WAIT THE FALLEN 15 June 2019 | 01:09:44

waduh bahaya yah bisa bocor gituh

BANANA FACE 14 June 2019 | 15:07:25

data pribadi adalah suatu yang sangat dirahasiakan

Mang Eksis 14 June 2019 | 14:18:40

bangke nu di luhur mawa mawa subianto

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top