4 Produk Digital Ini Diboyong Leap Telkom untuk Digitalisasi Sumut
Uzone.id – Telkom Indonesia melalui brand barunya, Leap, hadir di Medan, Sumatra Utara untuk mendukung digitalisasi di sana. Ada empat produk andalan yang diperkenalkan Telkom kala itu.
Belum lama ini, Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid melakukan audiensi dengan Gubernur Sumatra Utara, Edi Rahmayadi dan Walikota Medan, Bobby Nasution untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang produk dan layanan digital di bawah naungan Leap yang dapat mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.Adapun produk-produk yang diperkenalkan antara lain Agree, BigBox, PaDi UMKM, dan TravelAja.
Pada kesempatan yang sama juga pada 21 Januari 2022, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Program Smart Government Services melalui Satu Data Indonesia, Eksplorasi Digitalisasi Ekosistem Pertanian dan Perkebunan, serta Eksplorasi Kerja sama Digitalisasi UMKM antara General Manager Witel Medan, Mustakim Wahyudi dengan Pejabat Pemkot Medan.
Baca juga: 3 Ribu Karyawan Telkom Berguru Microsoft
“Sebagai BUMN telekomunikasi, Telkom berkomitmen untuk mendukung peningkatan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia demi mengakselerasi transformasi untuk kedaulatan digital Indonesia,” tutur Fajrin dalam keterangannya.
Ia melanjutkan, “Leap merupakan wujud dukungan kami untuk digitalisasi di berbagai sektor dan aspek kehidupan masyarakat, termasuk pemerintah. Diharapkan Leap ke depannya dapat memudahkan aktivitas pemerintahan kota dan kabupaten di Sumatra Utara sehingga dapat lebih berdaya saing dan siap menjadi kota/kabupaten digital.”
Sementara Edi menyampaikan bahwa ini merupakan inisiatif yang penting dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan, yang bermanfaat dari proses perencanaan, penganggaran hingga implementasi di lapangan terkawal dengan baik. Terlebih, literasi digital masyarakat juga perlu didorong.
Selain itu, Walikota Medan Bobby Nasution juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif Telkom dalam mendukung digitalisasi Indonesia hingga ke daerah.
"Kami mengapresiasi atas dukungan Telkom dalam hal percepatan digitalisasi khususnya bagi UMKM Medan di tengah pandemi ini,” tutur Bobby.
Baca juga: Kenalan Sama "Leap", Brand Baru Telkom untuk Solusi Digital
Lebih lanjut Fajrin menjelaskan untuk mendukung digitalisasi pemerintahan, Telkom menyediakan berbagai solusi layanan. Telkom memiliki digitalisasi Satu Data melalui BigBox, platform full stack big data untuk korporasi dan pemerintah dalam hal tata kelola data.
Untuk pelaku usaha lokal, ada Pasar Digital (PaDi UMKM) yang merupakan ekosistem berbasis platform digital yang berfungsi untuk mempertemukan UMKM dengan BUMN guna meningkatkan peluang untuk memperoleh transaksi dan pembiayaan.
Selanjutnya, Agree merupakan produk digital yang berperan dalam pengembangan ekosistem pertanian secara digital. Agree datang sebagai solusi dari sisi hulu, produksi, sampai hilir pertanian dan terbuka untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder di pertanian.
Saat ini Agree tidak hanya bergerak di sektor pertanian, tapi juga sektor perikanan dan peternakan. Terakhir, untuk mendukung digitalisasi pariwisata, Telkom menghadirkan TravelAja yang fokus pada ekosistem pariwisata dengan fungsi utama sebagai end-to-end platform untuk mengelola perjalanan dinas dan perjalanan personal, serta untuk digitalisasi industri pariwisata.
“Ke depannya, Telkom melalui Leap akan terus berkontribusi untuk memberikan yang inovasi terbaik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat karena kami meyakini dengan adanya digitalisasi, kita optimistis dapat menjadikan Indonesia yang lebih baik,” tutup Fajrin.
Seperti yang kita tahu, Leap adalah umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.
Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.