5 Alasan Mahasiswa Baru Perlu Punya LinkedIn

02 January 2019 by
5 Alasan Mahasiswa Baru Perlu Punya LinkedIn

Mungkin enggak semua mahasiswa benar-benar mengerti apa fungsi LinkedIn. Ada yang menganggapnya enggak jauh berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook, ada pula yang melihatnya sebagai sekadar portal mencari kerja.

Sebenarnya, sih, enggak ada yang salah. Tapi LinkedIn lebih ditujukan untuk membangun koneksi secara profesional, dan enggak cuma memberikan informasi soal lowongan kerja seperti portal lainnya.

Buat kamu yang baru masuk kuliah, enggak ada salahnya, lho, untuk mulai aktif di LinkedIn. Berikut lima alasan kenapa kamu perlu punya akun LinkedIn, seperti dilansir Top Universities

1. Memperluas jaringan pertemanan secara profesional

Enggak ada kata terlalu cepat untuk memperluas pertemanan. Walau kamu baru masuk kuliah, bukan berarti kamu harus menunggu untuk menjadi mahasiswa tua dulu untuk menambah teman secara profesional. Siapa tahu, teman yang kamu kenal dari LinkedIn bisa menawarkan pekerjaan paruh waktu atau proyek yang dapat menambah skill dan uang jajan.

2. Mengetahui informasi lowongan kerja

Selain memperluas jaringan, LinkedIn juga bisa menjadi sumber informasi seputar lowongan pekerjaan dan perusahaan. Kalau kamu pengin kepo tentang perusahaan tertentu, langsung saja cek profil LinkedIn-nya. Kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi jika perusahaan itu sedang membuka lowongan. Tapi, pastikan posisi pekerjaan yang ditawarkan enggak akan mengganggu waktu belajar, ya.

3. Dikenal secara profesional oleh perusahaan

Sekarang ini, kalau kamu melamar kerja, kemungkinan besar perusahaan akan stalking profil media sosialmu. Enggak jarang, akun media sosial para pelajar dinilai negatif oleh perusahaan. Tapi, dengan memiliki akun LinkedIn, kamu bisa menunjukkan dirimu yang profesional. Aktif di LinkedIn juga memudahkan perusahaan untuk mencari informasi tentangmu. Daripada di-stalk mantan, ya, kan?

4. Lebih siap untuk wawancara kerja

Wawancara kerja enggak jarang bisa menjadi hal yang menakutkan. Tapi kalau kamu sudah aktif di LinkedIn, kamu bisa mencari tahu soal perusahaan dan karyawannya, sebelum menghadapi wawancara. Dengan begini, kamu punya lebih banyak informasi dan bisa menambah kepercayaan diri.

5. Membuktikan tekadmu

Alasan terakhir yaitu, dengan aktif di LinkedIn, berarti kamu bertekad dan enggak main-main untuk mengejar karier. Tentu ini menjadi nilai lebih kalau kamu pengin segera terjun di dunia kerja.

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
50%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2165 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Apin Hidayat 15 February 2019 | 06:04:46

ga juga sih kerjaan itu tergantung sama rezeki

Ahmad Tajul 13 February 2019 | 05:35:06

ga juga sih kerjaan itu tergantung sama rezeki

St Aisya 08 February 2019 | 14:11:54

ga juga sih kerjaan itu tergantung rejeki

Leon S Kennedy 07 February 2019 | 12:06:19

untuk memepermudah semua mata pelajaran

Ananda Hassan 03 February 2019 | 06:19:06

oh jadi ini toh alasan nya ok otw download

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top