5 Alat Pembersih Lensa Kamera yang Wajib Kamu Punya Agar Tetap Bersih Kinclong

13 December 2018 by
5 Alat Pembersih Lensa Kamera yang Wajib Kamu Punya Agar Tetap Bersih Kinclong

Pecinta fotografi di Indonesia sepertinya terus bertambah seiring dengan berbagai macam jenis kamera yang bereda di pasaran. Dari kamera tipe analog, kamera saku, kamera instan, kamera DSLR hingga kamera mirrorless yang lagi nge-hype banget.

Namun, asal kamu tahu ya, memiliki kamera bukan berarti kamu tinggal memotret aja. Kamu harus merawatnya dengan baik dengan alat pembersih lensa kamera. 

Berikut 5 Alat Pembersih Lensa Kamera yang Wajib Kamu Punya

Membersihkan lensa kamera juga penting supaya kameramu nggak cepat rusak dan kinerjanya tetap maksimal. Supaya tetap bersih, kamu bisa gunakan 5 alat pembersih lensa kamera yang wajib kamu punya agar tetap bersih kinclong.

1 Gunakan tisu lensa untuk membersihkan lensa dari bekas sidik jari.

Gunakan tisu lensa untuk membersihkan lensa dari bekas sidik jari.

Alat pembersih lensa kamera yang wajib kamu punya adalah tisu lensa. Tisu ini bukan sembarang tisu. Ini adalah tisu khusus untuk membersihkan lensa kamera dari kotoran atau sidik jarimu. Caranya adalah dengan usap lensamu dengan tisu dari luar ke dalam searah jarum jam. Jangan tekan terlalu keras menekannya agar lensamu nggak tergores. Harga tisu ini dibandrol sekitar 70 ribuan tergantung merek di pasaran.

2 Blower digunakan untuk menghembuskan debu kecil yang menempel di lensa sebelum dibersihkan dengan kain atau tisu.

Blower digunakan untuk menghembuskan debu kecil yang menempel di lensa sebelum dibersihkan dengan kain atau tisu.

Alat pembersih lensa kamera yang wajib kamu punya berikutnya adalah blower. Blower berbentuk bulat panjang seperti pompa yang terbuat dari karet dan dipadukan dengan pipa kecil untuk mengeluarkan udara. Blower sangat efektif untuk membersihkan lensa kamera atau pun sela-sela bodi kamera dari debu yang susah dicapai dengan kuas pembersih biasa. Blower ini dibandrol dengan harga yang cukup beragam, mulai dari harga Rp 28 ribu hingga Rp 100 ribu.

3 Bersihkan sensor kamera secara hati-hati dengan menggunakan swab kit.

Bersihkan sensor kamera secara hati-hati dengan menggunakan swab kit.

Alat pembersih lensa kamera berikutnya adalah swab kit yang berfungsi untuk membersihkan sensor kamera. Saat menggunakan swab kit, kamu harus sangat berhati-hati karena jika salah langkah, kamu justru bisa menggores sensor kamera. Alhasil, bukannya bersih, sensor kameramu malah jadi rusak. Karena itu, sebelum membelinya kamu bisa membaca panduan singkat dalam buku petunjuk untuk menemukan cara yang benar untuk membersihkan sensor kamera. Swab kit ini dibandrol dari harga Rp 80 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

4 Dengan lenspen yang berbentuk kuas, kamu bisa membersihkan debu di bagian yang tak terjangkau oleh kain atau tisu pembersih.

Dengan lenspen yang berbentuk kuas, kamu bisa membersihkan debu di bagian yang tak terjangkau oleh kain atau tisu pembersih.

Lenspen berbentuk seperti kuas, dijual dengan harga mulai dari Rp 20 ribu hingga seratus ribuan. Lenspen berfungsi untuk membersihkan lensa yang nggak terjangkau oleh kain atau tisu pembersih.Bentuknya seperti pena dengan dua sisi. Bagian ujung yang pertama berupa kuas untuk menghilangkan debu, dan sisi ujung berbentuk seperti tip berbahan lembut yang berguna untuk membersihkan sidik jari dan juga bercak air yang menempel pada lensa.

5 Kain micro fiber dan cairan pembersih lensa untuk menghindari lensa tergores.

Kain micro fiber dan cairan pembersih lensa untuk menghindari lensa tergores.

Prinsipnya sama dengan tisu lensa, bedanya, ada tambahan cairan untuk membersihkan lensa. Tapi kamu nggak boleh langsung menyemprotkan cairan ke lensa karena itu akan merusak lensamu, cukup semprotkan pada kain fiber sebelum kamu mulai membersihkan lensa.Itulah 5 alat pembersih lensa kamera yang wajib kamu punya agar tetap bersih kinclong. Ingat ya, kamera kamu itu mahal banget, jadi harus selalu dibersihkan agar performanya tetap maksimal. Baca juga :Ngetren Sampai Akhir Zaman, Ini Tips Foto Menggunakan Kamera PolaroidTak Disangka, 6 Film Gokil Ini Dibuat Dengan Kamera Ponsel!Jangan Sembarangan Membeli Kamera GoPro

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

939 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Axis Hitz 23 May 2019 | 14:43:22

iya agar lensa makin bening saat mau memfoto

Musafir Syahara 21 May 2019 | 07:01:09

cara ny bermanfaat sekali.

Gatot SNP 20 May 2019 | 03:58:16

wah cara yang bagus membersihkan lensa

Amir Rudin 11 May 2019 | 16:38:07

boleh juga tuh dicoba kalau behotu

Danie Justmee 09 May 2019 | 10:59:02

wah banyak banget dana buat perawatan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top