5 Cara Cari Informasi Soal Caleg Secara Online

15 April 2019 by
5 Cara Cari Informasi Soal Caleg Secara Online

 

(Ilustrasi Pemilu. Foto: dok. Liputan6.com)

Uzone.id -- Kita hidup di negara yang punya banyak partai politik, jadi gak heran sih kalau generasi muda zaman sekarang merasa bingung mau nyoblos siapa kalau sudah musim pemilu begini. Enaknya, kecanggihan internet bikin semuanya jadi mudah.

Musim Pemilu 2019 gak cuma diisi oleh pasangan calon presiden dan wapresnya, tapi juga berbagai nama dari berbagai parpol yang ramai-ramai mencalonkan diri sebagai calon legislatif yang akan duduk di kursi DPR dan DPD.

Kamu memang gak perlu menghafal semua nama, tapi paling nggak sebelum hari pemilu tiba pada Rabu besok (17/4), kamu sudah ada bayangan mau nyoblos siapa.

Untuk mempermudah dan menambah informasi mengenai caleg-caleg yang akan dipilih, ada beberapa situs dan layanan digital yang sengaja dibikin untuk memberikan daftar dan rekam jejak mereka.

Baca juga: Ada Stiker Edisi Khusus Pemilu di Instagram

Cekidot!

1. pintarmemilih.id

Situs satu ini sudah dirilis pada 19 Februari kemarin dan dikembangkan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokras (Perludem).

Di dalamnya, kamu bisa melihat informasi seputar Pemilu 2019, mulai dari data daerah pemilihan, profil partai, profil capres, profil calon anggota DPR dan DPD RI, hingga profil calon anggota DPRD Provinsi dan profil calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Kamu juga akan disuguhkan cara memilih, jadwal, dan tahapan Pemilu 2019, serta melaporkan konten atau akun yang menyebarkan ujaran kebencian dan hoaks.

2. JariUngu.com

Portal satu ini memang sudah cukup lama berdiri, yakni sejak 2009, gunanya sebagai media komunikasi konstituen dengan para anggota legislatif terpilih.

Telah lama situs ini menjadi salah satu referensi bagi pemilih untuk mencari tahu daftar caleg pemilu. Di dalam situs ini, ada fitur ‘Saring Caleg’ yang memudahkan kita untuk mencari daftar caleg.

3. RekamJejak.net

Situs ini mungkin juga sudah familiar di kalangan milenial, karena baru dirilis pada 24 Februari 2019 oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Laman ini berisi riwayat politik, bisnis, dan jejak kasus anggota DPR RI 2014-2019.

Informasi lengkap mengenai mereka pun gak jauh-jauh seputar riwayat hidup, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), putusan kasus korupsi, dan berita-berita terkait anggota DPR.

Paling gak, kalau kamu ingin memastikan pilihanmu itu bersih dari tindakan korupsi, situs ini bisa jadi rujukan yang bermanfaat.

4. Line Today

Bagi kebanyakan anak-anak muda Indonesia, pesan instan Line memang kerap digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Nah, laman berisi himpunan artikel Line Today memanfaatkan fungsinya dengan membuat kolom khusus bernama ‘Pemilu 2019’.

Kolom tersebut gak cuma berisi artikel seputar Pemilu 2019, tapi juga ada daftar calon presiden, wakil presiden, serta calon anggota DPR dan DPD.

Kamu bisa mencari tiap caleg dari tiap daerah dan melihat biodata masing-masing, lengkap dengan visi-misi mereka. Tiap laman individu juga bisa dikomentari oleh pengguna Line.

5. WikiDPR.org

Situs yang diluncurkan pada 2014 ini hasil inisiatif warga yang merespons kerja anggota DPR agar warganet bisa mencermati kinerja wakilnya di DPR yang mencalonkan diri kembali di Pemilu 2019.

Selain bisa melihat daftar caleg, relawan Wiki DPR dapat melakukan reportase dengan hadir di sidang-sidang pembahasan UU atau kebijakan di DPR, lalu menuliskan hasil pengamatan mereka agar bisa dipublikasikan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

191 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Septian Tito 03 May 2019 | 10:04:20

makin mudah ya sekarang mencari informasi caleg

Rian Saja 29 April 2019 | 08:55:22

bahaya sekali dong kalau coblos online

Baung Wow 27 April 2019 | 11:36:22

wah bagus juga nih sipa ya yanh mnang nya

Dmonk Sukses 24 April 2019 | 07:38:25

memilih caleg sedikit membingungkan karena tidak tahu program nya apa

Netijen 22 April 2019 | 22:23:53

males amat kalo harus pilih caleg juga

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top