5 Keunggulan Snapdragon 855, dari Jaringan 5G Hingga Fingerprint di Layar Ponsel

06 December 2018 by
5 Keunggulan Snapdragon 855, dari Jaringan 5G Hingga <i>Fingerprint</i> di Layar Ponsel

Uzone.id -- Prosesor terbaru yang diperkenalkan Qualcomm di Snapdragon Technology Summit di Hawaii baru-baru ini diberi nama Snapdragon 855. Bentuknya yang mungil, namun memiliki kemampuan super canggih.

Saking canggihnya, Qualcomm sendiri menamainya bukan lagi sebatas prosesor atau chip, melainkan “mobile platform”. Jangan pusing dulu. Prosesor itu seperti otak, fungsinya untuk menjalankan berbagai aktivitas seperti mengirim pesan, mendengarkan musik, main game, nelepon, dan lain sebagainya.

Semakin canggih prosesor, tentu performa atau kemampuan ponsel pintar semakin cepat dan canggih juga, ‘kan. Nah, dengan hadirnya Snapdragon 855 ini, yuk bahas beberapa keunggulan menonjol darinya sampai-sampai membuat chip mungil ini dianggap begitu penting.

1. Mendukung 5G

Kalian sadar kan sekarang teknologi jaringan sudah 4G LTE? Snapdragon 855 dapat mendukung berjalannya 5G yang jauh lebih cepat dan memungkinkan berkembangnya berbagai bentuk teknologi lain yang tak hanya menghubungkan manusia dengan perangkat, namun juga perangkat dengan perangkat alias Internet of Things.

Mengutip SlashGear, Snapdragon 855 memiliki modem integrasi X24 Cat 20 yang dipercaya dapat mengelola kecepatan download 5Gbps sampai 10Gbps.

2. Performa dan gaming lebih maksimal

Prosesor ini memiliki Prime Core yang berjalan di 2,84GHz, tiga core performa yang masing-masing berjalan di 2,42GHz, serta empat Efficiency Core yang berjalan di 1,8GHz.

Qualcomm juga melengkapi Snapdragon dengan Cinema Core baru dan dukungan HDR generasi kedua serta Dolby Vision. Kemampuan tersebut dianggap penting bagi para gamer karena aktivitas gaming mereka semakin maksimal tanpa lemot. Belum lagi dukungan teknologi layar 8K 360 derajat dan efek suara yang canggih.

3. Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sudah menjadi bagian penting bagi ponsel pintar zaman sekarang, salah satu contohnya AI bisa memproses dan mengirim data ke cloud lebih cepat.

Snapdragon 955 ini mengkombinasikan GPU Adreno dan CPU Kryo 485 dengan chipset Hexagon 690 yang dapat mendukung debut mesin AI generasi keempat. Intinya, teknologi ini dapat memaksimalkan asisten digital seperti Google Assistant dan lain-lain agar dapat mendengar suara pengguna dari jarak yang cukup jauh walaupun dalam kondisi berisik sekalipun.

4. Kamera

Hari gini, kamera telah menjadi esensi penting dari smartphone. Snapdragon 855 dilengkapi dengan Image Signal Processor (ISP) Spectra 380 yang dapat autofocus, autoexposure, mengelola warna lebih baik, mengurangi noise, dan sebagainya.

Snapdragon 855 juga bisa merekam video 4K HDR dengan kemampuan 60 fps (frame per sec) HDR namun tetap hemat baterai. Hasil video akan jernih dengan transisi yang sangat mulus. Tak lupa kemampuan depth sensing untuk portrait mode di video.

5. Keamanan

Ini dia, salah satu yang ditunggu-tunggu. Snapdragon 855 meningkatkan keamanan perangkat dengan Qualcomm 3D Sonic Sensor. Ini adalah teknologi pemindai sidik jari terbaru yang memakai ultrasonic. Gunanya apa? Untuk membangun pemetaan 3D di permukaan ujung jari.

Istimewanya, teknologi tersebut dapat disematkan di bawah layar ponsel. Artinya, pengguna dapat membuka kunci ponsel dengan sensor sidik jari yang dibenamkan di bawah permukaan layar ponsel.

Iya, kamu bisa membuka kunci ponsel hanya dengan menyentuh layar. Lalu, amannya bagaimana? Biasanya pemindai optik dikembangkan dari gambar 2D. Nah, sementara Snapdragon 855 mendukung 3D Sonic Sensor, sehingga proses pengenalan sidik jari pengguna jadi lebih aman dan akurat.

Snapdragon 855 rencananya siap digulirkan ke sejumlah ponsel pintar pilihan yang dirilis pada 2019 mendatang.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
938 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kana Cahya 19 December 2018 | 03:16:12

Snapdragon yg terbaru memang menggiurkan

Santri BeKEN 19 December 2018 | 00:10:07

setahu saya Snapdragon 855 juga bisa merekam video 4K HDR

M. AL MA'MUN RIZKI 18 December 2018 | 23:51:18

semakin canggih aja ya sekarang . baru tau ada 5g

Dede Warman 18 December 2018 | 22:15:02

semakin canggih teknologi semakin cangih dan berkembang

Ahmad Aldi 18 December 2018 | 21:51:30

semakin lama dunia tekhnologi semakin canggih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top