home ×
Technology

5 Teknologi ‘Hoaks’ yang Pernah Bikin Heboh April Mop

01 April 2019 By
5 Teknologi ‘Hoaks’ yang Pernah Bikin Heboh April Mop
Uzone

(Foto: Marvel Movies Wiki)

Uzone.id -- Mungkin sejak awal gak ada yang pernah menyangka bahwa perayaan April Mop yang selalu diperingati setiap tanggal 1 April tiap tahun akan memiliki hubungan erat dengan dunia teknologi.

Yup, berbagai perusahaan teknologi sering memanfaatkan April Mop untuk mengelabui warga dunia. Meski banyak yang mengumumkan inovasi atau produk teknologi bersifat hoaks atau tipuan, tentu saja niatnya bukan untuk penipuan publik, melainkan untuk seru-seruan.

Lalu, kira-kira ada produk teknologi canggih apa saja yang pernah bikin geger April Mop?

1. Kostum Iron Man ‘beneran’

(Foto: Firebox.com)

 

Toko ritel gadget asal London, Inggris, Firebox mengumumkan siap menjual kostum Iron Man sungguhan secara eksklusif pada tahun 2013.

Firebox mengatakan kostum tersebut akan dijual seharga 250 ribu pound sterling atau setara Rp4,6 miliar. Tak cuma itu, Firebox juga bilang kostum itu adalah versi safe mode yang menggabungkan teknologi military grade dengan teknologi eksperimen tinggi.

Kostum Iron Man itu juga diklaim telah dilengkapi sistem sensor yang terintegrasi agar mampu terbang. Tentu saja ini hoaks belaka hi-hi-hi.

Baca juga: Pekan April Mop, Bisa Main Game Snake di Google Maps

2. Google Chrome bisa translate emoji

(Foto: Pocket-lint)

 

Raksasa teknologi satu ini memang rajin bikin kejutan April Mop. Pada 2014, Google mengumumkan telah menambah fitur dukungan Emoji di mesin peramban Chrome.

Fitur ini diklaim bisa menerjemahkan laman situs menjadi emoji agar bisa lebih cepat dibaca. Caranya tinggal mengklik ikon menu lalu pilih opsi “Translate to Emoji” lalu muat ulang laman situs tersebut. Kata Google, fitur ini bisa digunakan untuk pengguna iOS dan Android.

Tentu saja fitur ini hanya bentuk keusilan Google.

3. Pesawat Virgin menuju inti Bumi

(Foto: Pocket-lint)

 

Kamu tentu tahu perusahaan maskapai Virgin Atlantic, ‘kan? Pendirinya, Richard Branson pada 2012 merilis Virgin Volcanic, pesawat yang bisa membawa penumpang ke inti Bumi.

Pesawat Virgin yang diklaim revolusioner itu diberi nama VVS1 dan bisa membawa tiga penumpang ke inti Bumi penuh lahar cair di dalam gunung berapi aktif.

“Hanya 500 orang yang pernah pergi ke luar angkasa, 3 orang yang mengunjungi dasar samudra, tapi belum pernah ada yang menyiapkan perjalanan ke inti gunung berapi aktif. Belum pernah sampai sekarang,” tulis pihak Virgin Atlantic di sebuah publikasi di situs palsu mereka.

Baca juga: Asal Mula April Mop, Tradisi Menghormati Dewa Loki

4. Kloset terbalik dengan koneksi Wi-Fi

(Foto: Pocket-lint)

 

Perusahaan ritel peralatan mandi, Bathstore juga dikenal sebagai pihak yang gemar mengusili konsumen dengan ide-ide hoaksnya saat April Mop.

Pada 2015, Bathstore meluncurkan kloset dengan konsep terbalik. Bukan, bukan yang harusnya di atas jadi di bawah. Tapi, posisi duduknya menghadap terbalik gitu, gaes. Kloset ini diberi nama T-Eliot.

Bukan soal cara pemakaiannya yang ‘unik’, tapi T-Eliot juga canggih karena sudah dibekali koneksi Wi-Fi. Desainnya juga sengaja dibikin ramah pengguna, jadi dengan posisi duduk terbalik, pengguna bisa nyaman memainkan tablet yang bisa diletakkan di depannya.

5. Stroller bayi BMW

(Foto: Pocket-lint)

 

Perusahaan otomotif BMW ikut-ikutan April Mop dengan memperkenalkan stroller bayi bernama P.R.A.M pada 2013. Desainnya tetap menggunakan khas produk BMW, tak lupa logo ikonis di bagian depannya.

Seperti mobil, stroller P.R.A.M ini turut dilengkapi dengan mesin yang membuatnya bisa berjalan sendiri serta AC.

692 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 13 October 2019 | 02:16:43

namanya juga April mop ya biasa itu

netti hasan 04 October 2019 | 14:19:11

ternyata hanya hoax aja ya kirain beneran ya

Dwi Putra 03 September 2019 | 08:29:34

kirain betulan ternyata cuma hoaks saja

Satria 03 September 2019 | 07:17:55

itukan hanya sebuah kostum Ironman yah

Putut Budi 23 July 2019 | 01:11:37

Namanya juga april. Mop semuanya serba guyonan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article