5 Tips Bikin Foto Keren Pakai Smartphone, Nomor 3 Wajib Tahu!

25 April 2019 by
5 Tips Bikin Foto Keren Pakai Smartphone, Nomor 3 Wajib Tahu!

Sebagian dari kita mungkin masih ingat, saat-saat di mana menghasilkan foto yang bagus menjadi sama beratnya dengan menyelesaikan skripsi. Mulai dari harus beli kamera canggih, belajar software buat editing, bolak-balik baca buku manual, dan sebagainya. Berkat smartphone, khususnya yang memiliki kamera andal, semua penderitaan itu berakhir. Kini kita bahkan bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi hanya dengan satu jepretan. Tidak peduli pagi, siang, ataupun malam. Tidak peduli portrait ataupun landscape. Tidak peduli pemandangan, orang ataupun makanan.

Singkat kata, anti ribet. Apalagi smartphone kekinian tak hanya memberikan kemudahan bagi para profesional, tetapi juga fotografer amatir seperti kita. At least, tak butuh waktu lama bagi kita untuk bisa menaklukkannya. Mungkin seminggu atau tiga hari, yang pasti tidak akan butuh waktu berbulan-bulan, apalagi sampai adik kita yang masih duduk di bangku SD lulus kuliah.

Kini, yang kita perlukan hanya lah kiat-kiat untuk meningkatkan kemampuan mengambil foto-foto hebat dengan smartphone. Yup, seperti 5 tips berikut ini, yang dijamin bisa membantu kamu bikin foto keren yang Instagramable. Ala-ala fotografer profesional gitu deh.

Lupakan Flash dan Manfaatkan Cahaya Sekitar

Menemukan smartphone yang bisa menghasilkan foto bagus dengan flash bukanlah perkara mudah. Flash cenderung membuat foto terlihat sangat terang, mengubah warna secara negatif, dan membuat subyek manusia terlihat pudar.

Hasil Foto Low Light Samsung Galaxy S10
Sample Low light – Samsung Galaxy S10

Oleh karena itu, kami sarankan untuk tidak menggunakan flash. Cobalah untuk menggunakan fitur bawaan smartphone. Khusus pengguna Samsung Galaxy S10 bisa menggunakan Super Night Shot yang dapat menggabungkan 7 hingga 17 foto sekaligus dalam sekali tangkapan, membuatnya mampu menghasilkan satu foto yang lebih tajam, terang, dan jelas, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Yang perlu kita lakukan cuma memanfaatkan sumber cahaya alami yang ada di sekitar.

Ini juga memberi kita kesempatan untuk bermain dengan bayangan atau membuat siluet dengan sumber cahaya lainnya.

Komposisi  “Anti Mainstream” Untuk Hasil Foto yang Bagus

Komposisi adalah salah satu hal terpenting yang bisa membuat sebuah foto disebut bagus atau tidak. Ide-ide unik dan kreatif biasanya sangat berperan dalam menciptakan ini. Cobalah berpikir out of the box, bahkan pada apa yang ingin kita tangkap. Ini akan membuat “penggemar” terkesima.

Di Galaxy S10, Samsung memiliki apa yang disebut shots suggestions atau kami lebih suka menyebutnya smart composition. Penggeraknya adalah teknologi AI terbaru, di mana ini memungkinkan kita menerima arahan yang sesuai ketika ingin mengambil gambar.

Smart Composition Samsung Galaxy S10
Sample Smart Composition – Samsung Galaxy S10

Ya, memaksimalkan database yang memuat lebih dari 100 juta foto, smart composition di Galaxy S10 akan memberikan rekomendasi kepada penggunanya dalam mengambil foto dengan proporsi, posisi, dan komposisi yang ideal. Artinya, dengan memaksimalkan fitur ini, foto yang kamu hasilkan akan tampak seperti hasil jepretan fotografer profesional yang paham betul tentang rule of third, rule of space, leading lines, ataupun aturan-aturan fotografi lainnya.

Gunakan Latar Belakang yang Memudar

Keuntungan dari memiliki smartphone dengan beberapa kamera belakang adalah terbukanya peluang untuk menghasilkan foto bokeh. Ini menghasilkan kedalaman bidang dari apa yang kita potret, membiarkan kamera membedakan antara latar depan dan latar belakang untuk mengaburkan yang terakhir. Hasilnya, tampak seperti gambar yang diambil dengan aperture DSLR yang sangat lebar.

Ya, kamu bisa dengan mudah menghasilkan foto dengan latar belakang memudar menggunakan fitur Live Focus yang ada di Galaxy S10. Dan menariknya, fitur tersebut telah diperbarui demi memungkinkan pengguna mendapatkan berbagai hasil foto bokeh yang artistik dan dramatis. Di sini, setidaknya ada 4 fitur live focus bokeh yang menyertai, termasuk blur, monotone light (color point), zoom bokeh, dan spin bokeh.

Live Focus Samsung Galaxy S10
Sample Live Focus – Samsung Galaxy S10

Well, sekilas mungkin seperti efek receh. Tapi coba tanyakan ke pengguna DSLR tentang bagaimana mereka menghasilkan gambar zoom blur effect. Yup, mereka harus memutar lensa zoom secara presisi untuk bisa mendapatkan foto dengan efek tersebut. Dan itu tidak mudah. Tapi dengan Galaxy S10, efek tersebut bisa dibuat semudah meng-klik tombol shutter.

Hasilkan Gambar Horisontal

Sebagian dari kita memiliki kecenderungan mengonsumsi konten secara horisontal, dan bukannya vertikal. Karena itu, saat mengambil foto pun tujuan kita sebagai pembuat konten harus lah menghasikan gambar horisontal yang memenuhi seluruh layar. Kalau perlu dari berbagai perspektif.

Nah, kabar baik karena smartphone masa kini mulai membekali diri dengan beberapa kamera di bagian belakang. Di Samsung Galaxy S10, lensa ultra wide bekerja dengan baik dalam menangkap gambar dengan jangkauan yang lebih luas. Tidak tanggung-tanggung, hingga 123 derajat. Dengan lensa ini, kamu bisa mengambil foto landscape dengan perspektif yang lebih luas. Dan yang pasti kamu gak mesti sering-sering menoleh ke belakang saat ingin menangkap semua hal dalam satu bidikan.

Wide Angle Samsung Galaxy S10
Sample Wide Angle – Samsung Galaxy S10

Satu hal yang gak kalah penting, dengan kamera smartphone, kamu juga bisa memperbesar objek foto yang dibidik menggunakan zoom optik. Ini artinya, kamu gak perlu mendekat ke objek foto untuk menghasilkan gambar yang lebih detail dan jelas. Yup, kalau di Galaxy S10, kamu hanya perlu menggunakan lensa telephoto yang punya 2x optical zoom. Semudah mengklik ikon daun (satu) yang ada di viewfinder kamera.

Jangan Pernah Lelah Mengeksplor Diri

Memaksimalkan kemampuan diri dengan terus mengambil berbagai foto adalah cara terbaik untuk mengubah foto biasa saja menjadi luar biasa. Dengan berbagai fitur dari Samsung Galaxy S10, kita tidak hanya bisa mengabadikan berbagai momen tetapi juga mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Kamu bahkan bisa memaksimalkan mode pro dan mengatur settingan sesuai dengan kebutuhan.

Ya, kamu bisa mengatur apertur atau bukaan lensa, menyesuaikan exposure time atau bahkan mengganti ISO. Dan yang pasti, jangan pernah lelah untuk mengeksplor. Coba dan coba lagi. Semangat!

Lihatlah penawaran menarik & beli Galaxy S10 atau beli Galaxy S10+ atau beli Galaxy S10e dari toko resmi Samsung.

Artikel 5 Tips Bikin Foto Keren Pakai Smartphone, Nomor 3 Wajib Tahu! dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

261 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Fahri 10 June 2019 | 12:25:52

buat yang suka Ambil gambar atau berfoto, harus tau tips yang satu ini

Fery irawan 08 June 2019 | 17:11:47

bagus betul tips nya ,semoga bermanfaat bagi yang suka fotografi

yayayiyi 07 May 2019 | 08:11:25

buat yang suka poto harus tau tips ini yakan

Mmh Eza 05 May 2019 | 01:34:38

buat yang suka Ambil gambar atau berfoto, harus tau tips yang satu ini

Sugi Yanto 02 May 2019 | 07:49:00

itu sangat bagus bagi yang suka dengan fotografi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top