6 Tips Agar Baterai Ponselmu Tetap Hemat Saat Perjalanan Mudik

31 May 2019 by
6 Tips Agar Baterai Ponselmu Tetap Hemat Saat Perjalanan Mudik

 

(Ilustrasi: Alexander Andrews/Unsplash)

Uzone.id -- Siapa yang sudah libur dari penatnya pekerjaan di kantor? Kebanyakan orang sudah mulai siap-siap dari pekan sekarang untuk mudik ke kampung halaman menyambut Lebaran.

Namanya juga mudik, khususnya jalur darat, perjalanannya jarang yang memakan waktu singkat. Paling gak, kita akan menghabiskan waktu di atas 3 jam berada di dalam mobil.

Apalagi di era digital seperti sekarang, ponsel pintar sudah jadi hiburan paling jitu untuk menemani perjalanan mudik. Entah untuk main media sosial, update story sepanjang jalan, dengerin lagu, sampai streaming video dan film.

Tapi kalau perjalanannya sendiri super lama, belum lagi terhambat macet, pasti kamu gak mau dong keduluan mati gaya karena baterai ponsel keburu habis?

Baca juga: Tips Mudik Pakai Mobil Sendiri, Seribet Apa Sih?

Supaya tetap aman tanpa uring-uringan baterai habis dan harus rebutan power bank dengan kakak atau adik, nih simak dulu beberapa tips untuk hemat baterai ponsel.

1. Pakai wallpaper warna gelap

Oke, ini gak ada maksud untuk ngatur-ngatur kalian, sih. Tapi maksudnya, langkah paling mudah itu, perhatikan wallpaper ponsel dulu, gaes.

Sekarang ponsel sudah canggih, kita bahkan bisa pakai wallpaper animasi yang bisa gerak-gerak karena lucu dan menggemaskan. Tapi, wallpaper jenis begini bisa mengonsumsi daya hidup baterai kita.

Kalau boleh saran, selama perjalanan mudik, coba pasang dulu gambar atau foto dengan warna yang gelap.

Mengutip Digital Trends, kebanyakan perangkat Android dengan layar AMOLED itu bisa bikin baterai ponsel jadi awet karena layarnya menggunakan energi untuk memberikan cahaya kepada pixel-pixel berwarna.

Nah, kalau kita pakai wallpaper gelap, maka pixel berwarnanya sedikit dan energi baterainya gak terkuras, deh. Lumayan, kan.

2. Aktifkan fungsi battery-saving mode

Kebanyakan ponsel zaman sekarang juga sudah didukung oleh fitur hemat baterai alias battery-saving mode. Fitur ini tentunya berguna banget buat kita yang memang ingin menghemat daya baterai, khususnya saat perjalanan mudik.

via GIPHY

3. Matikan notifikasi yang gak penting

Penggunaan notifikasi juga bisa menguras baterai. Jadi, coba kamu cek lagi gaes, kira-kira aplikasi apa yang gak perlu memberikan informasi melalui notifikasi di ponsel. Semuanya bisa kamu kendalikan dan atur di dalam Settings ponsel.

4. Brightness ponsel jangan terlalu terang

Jangan lupa untuk selalu turunkan tingkat cahaya layar. Bahkan di Settings banyak ponsel, tingkat cahaya layar bisa kita atur sedemikian rupa sesuai durasi yang diinginkan. Manfaatkan fitur ini, gaes.

Baca juga: Tips Penting Kalau Kamu Mudik Lewat Tol Trans Jawa

5. Matikan koneksi atau sinyal radio yang gak dibutuhkan

Di dalam ponsel itu ada banyak fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, hingga NFC yang membutuhkan frekuensi radio saat digunakan. Semuanya berguna untuk masing-masing fungsinya, tapi sering lupa dimatikan.

Misal, kamu sudah selesai mengecek saldo atau top-up e-money dari NFC ponsel, jangan lupa untuk selalu menon-aktifkannya lagi.

Kalau semua fitur tersebut dibiarkan nyala terus, baterai ponsel bisa terkuras lebih cepat.

via GIPHY

6. Update aplikasi dan sering-sering tutup aplikasi setelah dipakai

Pertama, jangan lupa perbarui aplikasi di platform App Store atau Play Store agar dapat versi terbaru. Selain urusan security, siapa tahu lebih ringan aplikasinya.

Lalu, hal yang perlu diperhatikan kalau kita menggunakan aplikasi mobile, jangan lupa untuk selalu menutupnya setelah digunakan. Memang, aplikasi yang terus berjalan di background itu akan tetap ter-update, tapi hal ini dipercaya bisa bikin baterai boros.

Buat kamu yang pelupa, bisa juga diatur untuk memilih aplikasi yang gak perlu berjalan di background demi menghemat baterai.

Untuk perangkat Android, kamu tinggal klik Settings > Applications > Application Manager untuk memilih aplikasi apa saja untuk mematikan fungsi berjalan di background.

Untuk perangkat iOS, klik Settings > General > disable Background App Refresh.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
100%

Sedih

Angry
0%

Marah

439 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Im3 ku 14 August 2019 | 14:56:30

nanti saya coba tipsnya apakah benaran bisa hemat baterai

kardus lemari 14 August 2019 | 14:44:22

cukup matikan data seluler aja juga udah hemat ko

Muhammad Dhany 14 August 2019 | 00:23:13

bisa menghemat 20 persen dengan cara ini

Jihan Musofa 13 August 2019 | 12:51:34

wahh iya nihh kayaknya perlu di coba nihh

Yanto 13 August 2019 | 02:17:18

gue kalau mau mudik selalu bawa power benk jadi klau habis tinggal cas

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top