7 Teknologi yang Tercipta Dari Sebuah Kesalahan Namun Berguna Hingga Saat Ini

15 March 2019 by
7 Teknologi yang Tercipta Dari Sebuah Kesalahan Namun Berguna Hingga Saat Ini

rontgen

Saat ini bisa dikatakan hidup manusia bergantung pada teknologi yang ada, dan tentu saja teknologi diciptakan untuk mempermudah kebutuhan manusia sehari-hari. Teknologi erat dan penting hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia, bahkan masuk dalam segala aspek kehidupan.

Menemukan dan menciptakan sebuah teknologi bukanlah hal yang mudah, dan perlu waktu yang lama untuk melakukan sebuah penelitian dan percobaan hingga benar-benar berhasil. Namun, dari banyaknya teknologi yang ada saat ini, ternyata ada juga teknologi yang tercipta dari sebuah kesalahan.

7 Teknologi yang Tercipta Dari Sebuah Kesalahan Namun Berguna Hingga Saat Ini

Nah, penasaran teknologi apa saja yang ternyata ditemukan karena sebuah kesalahan? Berikut ini 7 di antaranya:

Plastik, yang ditemukan pada awal tahun 1900-an.

plastik
www.validnews.id

Hingga saat ini manusia sangat bergantung dengan plastik, bahkan tidak bisa hidup tanpa menggunakan plastik. Sebagai contoh, ketika kamu ingin membawa air minum, botol plastik adalah salah satu media yang digunakan paling mudah dan simpel.

Namun, meskipun keberadaannya saat ini merusak lingkungan dan bahkan dalam level yang memprihatinkan, namun tahukah kamu plastik ternyata ditemukan karena sebuah kesalahan?

Seorang ahli kimia Leo Hendrik Baekland membuat sebuah bahan yang bisa dibentuk dan dipanaskan pada suhu tinggi, dan meskipun hasilnya tidak sesuai harapan, justru momen itulah plastik pertama kali tercipta.

Microwave, tercipta dari sebuah radar angkatan laut.

microwave
thebolditalic.com

Microwave saat ini jadi salah satu alat penting dalam memasak, mengolah dan bahkan menghangatkan makanan dengan cepat. Cara kerja microwave juga cukup rumit.

Sesuai namanya, microwave memancarkan gelombang mikro yang secara tidak langsung akan menghasilkan panas, sehingga panasnya bisa dimanfaatkan untuk memasak dan menghangatkan makanan.

Microwave ini diciptakan dari keisengan Percy Spencer, karena melalui keisengannya ini, Ia merasakan coklat batangannya yang meleleh sendiri akibat pancaran gelombang mikro.

Meskipun Ia gagal menemukan alat untuk membekukan coklat, namun hingga kini hasil penemuannya menjadi cikal bakal microwave yang kamu gunakan saat ini.

Rontgen, sinar katoda yang bisa menembus kulit manusia.

rontgen
www.orami.co.id

Rontgen jadi salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya patah tulang yang dialami oleh seseorang. Yang nggak disangka, ternyata teknologi ini ditemukan pertama kali oleh Wilhelm Rontgen pada tahun 1895 ketika Ia melakukan percobaan menggunakan sinar katoda.

Tanpa disadarinya, kardus neon yang digunakan untuk percobaan menyala meskipun blok kardus tersebut tergolong cukup tebal. Berkat sinar itu, membuat percobaan Rontgen ini berhasil menembus kulit manusia dan kini dikenal sebagai teknologi Rontgen.

Super Glue, lem kuat yang diciptakan secara tidak sengaja.

super glue
missouripoisoncenter.org

Ketika kamu ingin menyambung dua benda menjadi satu bagian, sudah pasti super glue jadi salah satu pilihan. Selain harganya yang murah, mudah didapatkan dan daya rekatnya yang sangat kuat, super glue juga memiliki daya tahan yang luar biasa lama.

Super glue ditemukan pertama kali oleh seseorang bernama Harry Coover yang mengembangkan sebuah lensa plastik untuk pengeker senapan, dan peneliti senior ini menemukan sebuah perekat sintesis yang terbuat dari cyanoacrylate.

Namun, karena dianggap kurang baik, Ia memutuskan untuk mengembangkannya kembali dan menjual dengan nama dagang "Super Glue".

Dinamit, ditemukan karena kesalahan Alfren Nobel.

dinamit
www.youtube.com

Dinamit adalah salah satu bahan peledak yang paling populer dan umum diketahui hingga saat ini. Namun, apakah kamu tahu kalau bahan peledak ini ditemukan karena sebuah kesalahan?

Dalam sebuah percobaan yang dilakukan oleh Alfren Nobel, Ia melakukan sebuah kesalahan dalam perhitungan dalam menyempurnakan nitrogliserin dan ketidakstabilannya. Setelah itu, justru Ia mendapatkan sebuah perhitungan untuk membuat bahan peledak yang punya daya ledak sangat kuat.

Namun, sayangnya penemuan ini tidak digunakan dengan bijak, dan bahkan sering disalahgunakan dalam peperangan.

Anestesi, yang kini umum dibuat untuk menghilangkan rasa sakit.

anestesi
ippunyoja.com

Anestesi jadi salah satu bahan yang paling penting dalam dunia medis, yang bisa membuat sang pasien "mati rasa" agar tidak merasa kesakitan dalam menjalani operasi maupun praktik penyembuhan lainnya.

Sistem ini pertama kali ditemukan oleh Crawford Long, Wiliam Morton dan Charles Jackson, yang membuat kesalahan dalam pembuatan sistem anestesinya, dan kini jadi bahan paling penting dalam pengobatan dan bedah operasi.

Stainless Steel, dulunya ingin dibuat jadi bahan senapan.

stainless steel
www.reliance-foundry.com

Bayangkan, jika perabotan makan dalam rumahmu seperti sendok, garpu dan gelas tidak menggunakan bahan anti karat, bisa-bisa kamu terkena penyakit dan akan merepotkan karena harus berganti-ganti alat makan.

Namun, stainless steel kini jadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk perabotan rumah. Ternyata dulunya stainless steel ditemukan oleh Harry Brearly ketika mengembangkan senapan laras panjangnya, yang gagal dan kini beralih fungsi menjadi berbagai perabotan rumah.

Itulah 7 teknologi yang ditemukan secara tidak sengaja dan tercipta dari sebuah kesalahan. Nggak nyangka ya, ternyata dari sebuah kesalahan pun, sebuah hal bisa tercipta asalkan ada niat dan kreativitas yang tinggi dari para penemunya.

Apa Reaksi Anda ?

Love
50%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
50%

Marah

285 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Even Stones 29 April 2019 | 08:03:06

widih bisa gitu yah tapi bagus lah jadi ga semua kesalahan tidak berguna

Dimas Papek 28 April 2019 | 19:54:59

wah gaknyangka juga ya kalo teknologi tersebut tercipta karna cuman kesalahan manusia

Andymulyana 28 April 2019 | 01:51:58

kesalahpahaman yang ada di sana dia tidak ada komentar

Bagus Setya 19 April 2019 | 16:05:06

wah gak nyangka juga ya kalo teknologi tersebut tercipta karna cuman kesalahan manusia

Fafa Labet 08 April 2019 | 21:33:34

kegagalan menjadi sebuah kesuksesan yang lama

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top