7 Tips Maksimalkan Fitur Instagram untuk Dorong Penjualan Bisnis
Uzone.id - Pandemi COVID-19 telah menghadirkan tantangan sekaligus peluang baru bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Untuk dapat bangkit di tengah situasi saat ini, para pelaku UMKM harus dapat terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang disediakan oleh platform digital, seperti Instagram.
Langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.Dengan menggunakan Profil Bisnis, para pelaku UMKM dapat memperoleh Insights secara realtime tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan, menambahkan tombol Aksi, seperti mengirim pesan, telepon, email, dan lainnya, serta melakukan promosi atau beriklan.
Untuk meningkatkan penjualan bisnis, kalian bisa memanfaatkan fitur Instagram dengan sederet tips berikut ini.
Feed adalah etalase bisnis
Menurut data internal Instagram, dua dari tiga pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan berasal dari followers. Itulah mengapa Feed profil bisnis kalian harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnis kalian.
Baca juga: Fitur Pin Komentar Instagram Sudah Bisa Dinikmati Semua Pengguna
Pelaku UMKM perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada 6 foto teratas Feed.
Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnis kalian secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram.
Tetap terhubung dengan para calon pelanggan melalui IG LIVE
Kalian bisa melakukan tanya jawab dengan penonton, berbagi inspirasi, atau IG LIVE with dengan mengajak seorang pembicara tamu untuk saling berbagi cerita. IG LIVE juga bisa membantu bisnis untuk mengadakan online bazaar interaktif.
Gunakan IGTV pula untuk berbagi konten yang lebih panjang, seperti tips mix-match fashion, tutorial make up, kreasi masakan, dan topik-topik diskusi lainnya.
Bagikan informasi penting seputar perubahan operasional bisnis
Kalian dapat membagikan informasi penting seputar perubahan operasional bisnis dan kebijakan prosedur ‘new normal’ yang diterapkan di toko offline kalian melalui Feed, guna memberikan panduan kesehatan dan kebersihan bagi para pelanggan yang ingin mengunjungi toko.
Bagikan cerita behind-the-scenes produk di Instagram Stories
Bagikan cerita mengenai bisnis kalian hingga proses behind-the-scenes produk-produk melalui Stories untuk tetap terhubung dengan para pengguna serta memberikan ketenangan bagi pelanggan atas komitmen kalian menjaga bisnis tetap higienis dan aman selama COVID-19.
Baca juga: Sebentar Lagi Kreator Bisa Jualan Langsung di Instagram
Instagram juga memiliki beberapa fitur di Stories yang bisa kalian gunakan untuk membangun interaksi yang interaktif, seperti: Stiker Pesanan Makanan, Stiker Gift Card, dan Stiker Dukung Bisnis Kecil.
Jangan lupa tagar
Gunakan tagar yang sesuai untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ada 10 hashtag dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia dalam masa PSBB transisi ini: #fashion, #hijab, #bajumurah, #newnormal, #gamis, #onlineshop, #gamissyari, #hijabers, #hijabstyle, dan #dress.
Jaga interaksi dengan konsumen
Di tengah situasi ini, menjalin komunikasi dua arah dengan para followers kalian juga menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis.
Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline kalian, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut seputar suatu produk dan ketersediaan produk sebelum mereka melakukan pembelian.
Respons pertanyaan calon konsumen
Kalian dapat memanfaatkan kolom komentar dan Direct Message secara aktif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen.
Selain itu, kalian bisa mencoba membangun interaksi menyenangkan dengan calon pelanggan melalui fitur-fitur kreatif di Stories seperti polling, stiker pertanyaan, stiker kuis, dan lainnya.
VIDEO: Samsung Galaxy S20+ Edisi BTS Unboxing