7 Tips Membeli Laptop Terbaru yang Harus Diperhatikan

18 May 2019 by
7 Tips Membeli Laptop Terbaru yang Harus Diperhatikan

 

Sama seperti kebanyakan perangkat elektronik lainnya, kemampuan sebuah laptop akan semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun kamu bisa "mengakalinya" dengan service, namun akan ada saatnya untuk menggantinya dengan yang lebih baru.

Saat ini, di pasaran banyak varian yang ditawarkan mulai dari entry level hingga high end laptop, yang masing-masing memiliki rentang harga dan spesifikasi yang ditujukan oleh pengguna tertentu saja. Karena itu biar nggak salah beli, ada tips membeli laptop terbaru yang perlu kamu ketahui.

Berikut 7 Tips Membeli Laptop Terbaru

Lantas, hal apa saja yang harus kamu perhatikan ketika membeli laptop terbaru? Berikut 7 tips yang bisa kamu ikuti.

Pastikan desain laptop sesuai dengan mobilitas sehari-hari.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru design laptop
www.digitalartsonline.co.uk

Tips membeli laptop terbaru yang pertama adalah melihat dari sisi design-nya. Seiring dengan majunya perkembangan teknologi, bentuk laptop pun juga mengalami inovasi, misalnya semakin tipis dan ringan untuk dibawa kemana-mana.

Design yang futuristik memang menggoda, namun pastikan kamu memerlukannya. Misalnya, kamu adalah seorang pengguna laptop yang membutuhkannya demi kepentingan bisnis, maka ada baiknya untuk membeli laptop yang tipis dan ringan dibawa, dan menghindari bentuk laptop yang besar serta berat.

Pilihlah laptop dengan keyboard yang nyaman.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru keyboard laptop
english.alahednews.com.lb

Tiap laptop memiliki bentuk dan model keyboard yang berbeda, yang akhirnya memberikan "sensasi" berbeda saat digunakan. Tips membeli laptop terbaru berikutnya adalah, kalau kamu tipe orang yang suka bekerja dalam waktu yang lama di depan laptop, maka pastikan keyboard laptop yang ingin kamu beli terasa nyaman.

Selain itu, perhatikan juga jarak antar tombol, bentuk permukaan tombol, dan respon (feedback) dari tiap tombol saat ditekan. Ada beberapa orang yang suka dengan model tombol keyboard yang cenderung keras, ada juga yang sebaliknya dan bergantung pada kebiasaan masing-masing.

Pastikan memiliki daya tahan baterai yang memadai.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru kapasitas baterai
www.blibli.com

Tips membeli laptop terbaru selanjutnya yaitu pastikan kapasitas baterai yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhanmu sehari-hari. Rata-rata, laptop di pasaran saat ini memiliki ketahanan baterai sekitar 4 hingga 8 jam dalam sekali pengisian.

Sebenarnya, ketahanan baterai memang agak sulit dilakukan, karena bergantung pada suhu, berapa banyak aplikasi yang kamu gunakan, hingga jenis hardware yang digunakan. Namun, kamu bisa memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar, demi ketahanan baterai yang lebih lama.

Selain membeli laptop dengan kapasitas baterai yang besar, tak lupa juga kamu harus merawatnya, misalnya dengan tidak melakukan charge terus-menerus, atau membiarkannya hingga drop.

Pilihlah kualitas layar laptop sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru kualitas layar
www.pexels.com

Setiap laptop pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk dalam urusan jenis panel layar yang digunakannya. Karena itu tips membeli laptop terbaru berikutnya adalah sesuaikan spesifikasi layar laptop dengan kebutuhanmu.

Sebagai contoh, semisal kamu membutuhkan laptop untuk melakukan editing foto dan video, atau melakukan design grafis, maka MacBook bisa jadi pilihan mengingat sudah dilengkapi dengan fitur Retina Display, atau laptop lain yang menggunakan panel 100% sRGB.

Selain kualitas panel, kamu juga harus memperhatikan ukuran layar yang digunakan, dan sesuaikan dengan budget mengingat harga laptop terbaru yang semakin mahal.

Memiliki konektivitas yang lengkap.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru konektivitas laptop
futureloka.com

Tips membeli laptop terbaru lainnya adalah memastikan laptop yang ingin dibeli sudah dibekali dengan konektivitas yang lengkap dan beragam.

Semisal, sudah dilengkapi dengan Wi-Fi teknologi terbaru, menggunakan seri USB 3 ke atas, atau menggunakan USB Type-C dalam melakukan transfer data. Semakin banyak varian konektivitas yang ditawarkan, maka semakin baik karena kamu punya banyak pilihan dalam melakukan pertukuran data baik secara offline maupun online.

Pilihlah processor sesuai dengan kebutuhan.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru processor laptop
www.123rf.com

Performa sebuah laptop memang ditentukan salah satunya dari processor yang mengatur semua instruksi yang masuk dan keluar. Ada beragam jenis processor yang disematkan dalam sebuah laptop, dan pastikan kamu sudah mengetahui processor mana yang ingin kamu gunakan dan sesuaikan dengan budget serta kebutuhan.

Semisal kamu ingin menggunakan laptop untuk melakukan rendering atau berhubungan dengan design, maka laptop dengan jumlah core banyak diperlukan agar berjalan dengan lancar, berbeda dengan kebutuhan untuk mengetik saja yang memerlukan spesifikasi lebih rendah, sekaligus dengan harga yang lebih murah.

Pastikan memiliki jumlah RAM serta storage yang memadai.

Tips Membeli <a href='https://uzone.id/tag/laptop' alt='Laptop' title='Laptop'>Laptop</a> Terbaru ram dan storage laptop
www.pcworld.com

Tips membeli laptop terbaru berikutnya yaitu memastikan kapasitas RAM dan storage yang dibutuhkan sudah sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Sebagai contoh, kebutuhan laptop untuk sekedar mengetik dan gaming pastilah berbeda. Untuk gaming, maka setidaknya pilihlah laptop yang memiliki kapasitas RAM 8GB atau diatasnya. Perhatikan juga storage-nya, pastikan cukup untuk menyimpan game yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apakah laptop tersebut memiliki dukungan untuk upgrade di masa yang akan datang, sehingga kamu bisa menambah kapasitasnya tanpa perlu membeli laptop baru lagi.

Itulah 7 tips membeli laptop terbaru yang perlu kamu ketahui. Memang terlihat sepele, namun akan menjadi bencana ketika kamu menyepelekan dan mengalami kerugian karena tidak cocok dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Selamat berburu laptop baru!

Laptop 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

349 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Perdi_ _gaming_ 06 August 2019 | 01:39:28

oh itu tips tips nya toh

Kishan Luis 02 August 2019 | 16:24:52

tips tepat bagi para calon mahasiswa

Pelangi Warnawarni 02 August 2019 | 14:18:54

bagusan ada beberapa tips saat membeli laptop

Mardi Yana 02 August 2019 | 14:00:39

wah terima kasih atas tips dan informasi nya

Dea Apeksa 02 August 2019 | 13:43:43

nah perlu diperhatikan dalam memilih laptop ini

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top