8 Aplikasi Diary dan Jurnal Terbaik Android Untuk Mencatat Hari-Harimu

19 May 2019 by
8 Aplikasi Diary dan Jurnal Terbaik Android Untuk Mencatat Hari-Harimu

Sadar atau nggak, diary dan jurnal memang berada sejak dari berabad-abad yang lalu. Mereka adalah salah satu wadah yang membantu manusia untuk mencatat dan mengekspresikan kejadian atau pikiran mereka agar dapat diingat.

Dengan seiringnya waktu, kepentingan jurnal dan catatan harian memang masih dibutuhkan. Namun wadah yang digunakan kini berubah. Jika dulunya orang-orang menulis catatan harian di buku khusus, sekarang dengan bantuan teknologi kamu bisa menulis diary dan jurnal menggunakan aplikasi.

Berikut 8 Aplikasi Diary dan Jurnal Terbaik Android

Aplikasi diary di bawah ini bisa membantu kamu menuliskan kegiatan sehari-harimu lebih praktis karena langsung tercatat dalam handphone, sehingga kamu nggak perlu repot membawa jurnal atau buku diary kemana pun. Apa saja daftar aplikasi diary terbaik yang bisa kamu coba? Berikut daftar lengkapnya.

Day One

Aplikasi Diary dan Jurnal Day One
dailysocial.id

Day One merupakan aplikasi yang didirikan sejak tahun 2011. Aplikasi ini bisa digunakan untuk Mac, iOS dan Android. Aplikasi jurnal ini merupakan salah satu aplikasi jurnal terbaik yang pernah ada sejak lama. Bahkan aplikasi ini terpilih menjadi Apple’s Editor Choice di App Store berkali-kali, sedangkan Lifehacker memilih aplikasi ini sebagai aplikasi jurnal terbaik untuk iPhone.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur lengkap yang kamu butuhkan dalam jurnal digital. Kamu bisa membuat jurnal dalam lengkap dengan keterangan lokasi, memasukkan foto atau video, password dan tanda apakah jurnal tersebut penting atau nggak.

Tampilannya pun terkesan stylish dan menyegarkan, membuat kamu nggak akan jenuh untuk menggunakannya.

 

Diarium

Aplikasi Diary dan Jurnal Diarium
www.windowscentral.com

Diarium merupakan aplikasi jurnal yang memiliki rating tertinggi di Windows 10, dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi jurnal satu ini dapat menghubungkan perangkat windows dengan android, memudahkan kamu mencatat keseharian dimana saja.

Aplikasi catatan harian android ini juga memiliki fitur lengkap. Jika kamu malas mengetik, kamu bisa berbicara dan aplikasi tersebut akan menulisnya secara otomatis. Selain itu, Diarium juga dilengkapi dengan file audio hingga gambar, bahkan memberikan nilai di setiap catatan untuk mendata seberapa bahagianya dirimu saat itu.

Diarium dapat tersinkronisasi ke dengan perangkat Windows atau Android lain lewat OneDrive yang bisa mengekspor catatan ke format DOCX, HTML, RTF atau TXT. Sayangnya, aplikasi ini nggak gratis, karena kamu harus seenggaknya membayar USD 1.19.

 

Daylio

Aplikasi Diary dan Jurnal Daylio
mindtools.io

Daylio merupakan aplikasi note terbaik yang bisa kamu coba. Jika kamu nggak suka menuliskan banyak hal dalam jurnal, dan lebih memilih untuk menuliskan secara singkat saja, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan reminder, PIN, dan backup pada Google Drive.

Kamu juga bisa memilih mood untuk setiap penulisan dalam jurnal. Walaupun mood yang tersedia hanya lima macam, kamu tetap bisa merubah keterangan nama yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa menambah aktivitas yang sedang kamu lakukan saat itu agar jurnalmu terlihat lebih menarik.

Daylio juga menunjukkan data statistik selama kamu menulis di aplikasi catatan harian tersebut. Daylio merupakan aplikasi gratis. Sedangkan untuk versi premiumnya, kamu bisa mendapatkan fitur tambahan lainnya.

 

Offline Diary

Aplikasi Diary dan Jurnal Offline Diary
www.androidauthority.com

Sama seperti judulnya, aplikasi jurnal ini merupakan aplikasi diary offline yang bisa ditulis tanpa membutuhkan sambungan internet. Offline Diary memiliki tampilan minimalis dengan fitur yang efektif. Aplikasi catatan harian ini akan memberikan UI sederhana dan tanpa gangguan, bahkan dilengkapi dengan password.

Offline Diary hanya akan memberikanmu aplikasi untuk mencatat jurnal saja. Aplikasi ini gratis, namun memiliki iklan di dalamnya. Versi pronya hanya seharga USD 1 namun bebas iklan dan nggak mengganggu.

 

Universum

Aplikasi Diary dan Jurnal Universum
www.apk4fun.com

Universum merupakan aplikasi catatan android yang berbeda dengan aplikasi jurnal lainnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan ekspor file backup ke Google Drive dan Dropbox, mood tracking hingga dark mode.

Aplikasi diary ini merupakan salah satu aplikasi yang dilengkapi dengan fitur sidik jari untuk fungsi pengganti password. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi diet, travel atau bahkan jurnal mimpi. Kamu juga bisa menambahkan foto atau gambar dalam aplikasi tersebut.

 

Memoires

Aplikasi Diary dan Jurnal Memoires
www.codingrobots.com

Walaupun secara tampilan aplikasi ini bukan yang terbaik, tapi Memoires merupakan aplikasi diary android yang memiliki fitur menarik bernama “follow up”. Fitur ini membuat pengguna dapat menambahkan kesan dan pesan tambahan selain jurnal utama.

Sama dengan aplikasi diary lainnya, Memories dapat menambahkan foto, rekaman suara, lokasi, menambahkan tag, mencari kenangan yang berbeda dan lainnya. Kamu juga bisa membaginya dengan orang lain, dengan menambahkan orang di dalam catatan tersebut.

Tapi jika kamu ingin menambahkan teman, kamu harus mengunduh aplikasi Memoires Contact Note dengan harga USD 1.06.

 

Journey

Aplikasi Diary dan Jurnal Journey
www.androidauthority.com

Journey merupakan aplikasi jurnal yang hampir bisa digunakan di berbagai platform. Aplikasi ini dapat bekerja di Mac, Windows, iOS, Android, Chrome OS, hingga Web, dan bekerja baik dengan dilengkapi fitur yang mengagumkan.

Fitur aplikasi ini antara lain adalah dengan menambahkan beberapa gambar, suara, video, sinkronisasi dengan Google Drive, mencatat lokasi otomatis, hingga password. Aplikasi Journey memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Day One, bahkan pada tampilan mode malam mereka.

Aplikasi ini menjadi pilihan yang menarik untuk menulis jurnal secara rutin karena tampilannya yang cukup interaktif dan lengkap. 

DayGram

Aplikasi Diary dan Jurnal DayGram
www.stacktunnel.com

DayGram merupakan aplikasi minimalis dengan tampilan yang cantik. Ketika kamu membuka aplikasinya, Daygram akan menunjukkan tampilan seperti timeline. Jika kamu memilih untuk membuat catatan harian baru, pengguna akan mendapat pilihan untuk memilih menambahkan catatan tersebut dimanapun.

Aplikasi jurnal satu ini juga dilengkapi dengan beragam tema seperti tema gelap, cahaya, danau dan lainnya. Kamu juga bisa kok mengganti keseluruhan tampilan yang ada di aplikasi ini, mulai dari tema hingga font yang digunakan. Sama dengan lainnya, DayGram juga dilengkapi dengan fitur password, reminder bahkan backup Dropbox.

Itu tadi 8 aplikasi diary dan jurnal terbaik Android untuk mencatat hari-harimu. Sekarang nggak ada alasan lagi buat nggak nulis jurnal bukan? Kamu juga nggak perlu takut deh, buku harian kamu dibaca orang. Karena hampir semua aplikasi catatan harian dilengkapi dengan password.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

349 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Deni Muhajir 17 June 2019 | 08:01:22

wah aplikasi nya bagus 2

Prabotol 13 June 2019 | 08:05:44

aku sih nggak buat diari tapi kaya nya aplikasi ini bagus deh buat bikin memo untuk pekerja

Anton Yanto 11 June 2019 | 03:59:59

wah boleh juga kayaknya ni aplikasi buat kita ya

David Irawan 08 June 2019 | 16:40:38

cocok banget ya aplikasi aplikasinya itu

U Zone 08 June 2019 | 13:13:32

tapi tetep harus hati2 nih kalo di baca gemen

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top