Ada Embel-embel ‘Turbo’, Yamaha Nmax Baru Masih Bisa Minum Pertalite
Yamaha Nmax Turbo TechMAX (Foto: Uzone.id)
Uzone.id - Yamaha Nmax generasi terbaru mendapatkan embel-embel turbo sebagai teknologi terbaru. Meskipun demikian, ternyata skutik Maxi yang satu ini masih bisa menggunakan bensin pertalite loh.
Hal ini diungkapkan oleh Antonius Widiantoro selaku Asst. GM Marketing Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Menurutnya Yamaha sudah melakukan banyak pengetesan menggunakan beragam jenis bensin."Bisa (Pertalite), tadi disampaikan kan unleaded gasoline. Kenapa? Karena berpengaruh terhadap proses pembakaran," ujar Anton di peluncuran Yamaha Nmax Turbo, Rabu (12/6).
"Makanya pengetesan yang dilakukan Yamaha tidak hanya menggunakan Pertamax, bahkan bensin pinggir jalan tetap kita tes," jelasnya.
Seperti telah diberitakan, Yamaha Nmax Turbo menggendong mesin 155 cc, 1-silinder, 4-tak, SOHC, 4-klep, VVA, berpendingin cairan. Mesin tersebut memiliki diameter piston 58 mm dan langkah 58,7 mm, dengan kompresi 11,6:1.
Dengan profil tersebut, Yamaha Nmax Turbo mampu menghasilkan tenaga 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Secara kompresi, Yamaha Nmax Turbo memang tidak mengalami perubahan dan rasionya pun cukup tinggi.
Oleh karenanya, Anton mengatakan meskipun bisa menggunakan Pertalite, namun pembakarannya akan menjadi tidak maksimal. Pihaknya pun menyarankan menggunakan unleaded gasoline untuk performa maksimal.
"Makanya yang disarankan pabrikan unleaded gasoline, yang mau mendapatkan performa optimal ya menggunakan unleaded gasoline," jelas Anton.
Sebagai tambahan informasi, Yamaha Nmax Turbo yang baru diluncurkan mendapatkan banyak ubahan, baik dari desain, fitur, hingga ke mesin. Di bagian mesinnya, varian turbo ke atas mendapatkan teknologi baru YECVT yang membuat pulley primer tidak lagi membutuhkan roller untuk menggerakan belt.