Adu Spesifikasi Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX 160, Mana Lebih Unggul?
Uzone.id - Persaingan skutik bongsor 150 cc semakin memanas dengan hadirnya generasi terbaru Yamaha Nmax Turbo. Motor yang satu ini tentunya kerap dibanding-bandingkan dengan Honda PCX 160, lantas mana yang lebih baik di antara keduanya?
Secara desain, Yamaha Nmax Turbo kini tampil lebih agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Keagresifannya bisa dilihat dari desain lampu depan dan belakang yang lebih tajam.Ditambah, Yamaha Nmax Turbo juga mendapatkan body baru yang memiliki garis lebih tegas dan tajam. Berbeda dari generasi sebelumnya yang tampil lebih bulat dan lebar, sehingga memberikan kesan elegan.
Sedangkan Honda PCX 160 memiliki tampilan yang secara garis besar, masih terinspirasi dari generasi 150 cc-nya. Perbedaan paling terlihat hanya di lampu depan yang kini lebih tegas dan menyambung ke lampu sein di kanan dan kiri.
Sementara lampu belakangnya, memiliki siluet huruf X yang menyambung antara garis atas dan bawah. Juga di bagian setang, Honda masih mempertahankan penggunaan setang telanjang di PCX 160.
Beralih ke spesifikasi, hal ini menjadi yang paling menarik antara Yamaha Nmax Turbo dan Honda PCX 160.
Nmax Turbo mendapatkan dapur pacu baru yang menjadi generasi ketiga dari mesin 155 cc VVA Yamaha. Mesin ini memiliki konfigurasi 155 cc, Blue Core, 4-katup, SOHC, berpendingin cairan yang dilengkapi Yamaha Electric CVT (YECVT), sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15,1 dk dan torsi 14,2 Nm.
Di sisi lain, Honda PCX 160 juga mendapatkan mesin baru 156,9 cc, 1-silinder, 4-katup, eSP+, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,8 dk dan torsi 14,7 Nm yang disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi CVT konvensional.
Dari segi kaki-kaki, Yamaha Nmax Turbo masih mirip dengan generasi sebelumnya karena mengusung pelek 13 inci dengan ukuran ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang. Kedua roda tersebut didukung dengan suspensi teleskopik di depan dan dual shock absorber dengan subtank di belakang.
Spesifikasi kaki-kaki tersebut cukup mirip dengan Honda PCX 160, hanya saja di PCX menggunakan ukuran ban 14 inci. Sehingga 1 inci lebih besar ban PCX 160 dibandingkan Yamaha Nmax Turbo.
Hal yang mirip juga ditemukan di pengereman Yamaha Nmax Turbo dan Honda PCX 160. Keduanya menggunakan disc brake dengan 2 piston lengkap dengan ABS di bagian depan, sedangkan di belakang mengandalkan disc brake 1 piston yang juga dilengkapi dengan ABS.
Berikut perbandingan spesifikasi Yamaha Nmax Turbo dan Honda PCX 160:
Spesifikasi | Yamaha Nmax Turbo | Honda PCX 160 |
Mesin | ||
Kapasitas Silinder | 155,09 cc | 160,9 cc |
Tipe Mesin | SOHC, 4 katup, VVA, berpendingin cairan | SOHC, 4 katup, eSP+, berpendingin cairan |
Sistem Pembakaran | Fuel Injection | Fuel Injection |
Bore x Stroke | 58 mm x 58,7 mm | 60 mm x 55,5 mm |
Rasio Kompresi | 11,6:1 | 12:1 |
Tenaga Maksimum | 11,3 kW (15,1 Tk) / 8.000 rpm | 11,8 kW (15,8 Tk) / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 14,2 Nm / 6.500 rpm | 14,7 Nm / 6.500 rpm |
Starter | Elektrik | Elektrik |
Transmisi | YECVT | CVT Konvensional |
Dimensi & Kapasitas | ||
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.955 mm x 740 mm x 1.095 mm | 1.921 mm x 745 mm x 1.081 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.390 mm | 1.383 mm |
Tinggi Duduk | 765 mm | 764 mm |
Kapasitas Tangki Bensin | 7,4 Liter | 8 Liter |
Kapasitas Bagasi | 23,5 Liter | 30 Liter |
Rangka & Kaki-kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | Underbone |
Material Rangka | Baja | Baja |
Suspensi Depan | Teleskopik, 26 mm | Teleskopik, 31 mm |
Suspensi Belakang | Subtank | Subtank |
Ukuran Ban Depan | 110/70-13" | 110/70-14" |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-13" | 130/70-14" |
Rem Depan | Cakram hidrolik, 2 pot, ABS | Cakram hidrolik, 2 pot, ABS |
Rem Belakang | Cakram hidrolik, 1 pot, ABS | Cakram hidrolik, 1 pot, ABS |