Alasan Telkomsel Investasi di Gojek
Ilustrasi aplikasi Gojek (Foto: Unsplash)
Uzone.id -- Telkomsel sebagai anak usaha Telkom akhirnya mengkonfirmasi soal investasi yang dikucurkan untuk Gojek. Nilai investasi yang disuntik untuk Gojek senilai USD150 juta atau setara Rp2,1 triliun. Kira-kira apa alasan pihak Telkom Group untuk memberi kucuran dana ke Gojek?Dari penuturan Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, alasan kolaborasi ini berangkat dari visi yang sama antara kedua belah pihak untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negara sendiri, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.
“Kerja sama dengan Gojek dan ekosistem yang luas akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company, serta memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, meskipun penuh tantangan di tengah pandemi,” kata Setyanto dalam keterangan resminya yang diterima Uzone.id pada Selasa (17/11).
Baca juga: Resmi, Telkomsel Suntik Dana ke Gojek Rp2,1 Triliun
Sementara menurut Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, kolaborasi ini dapat mengorkestrasi strategi penguatan nilai sinergi antara kedua perusahaan dan berdampak positif bagi ekonomi digital Tanah Air.
“Sebagai induk perusahaan Telkomsel, kami menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel. Kami yakin kolaborasi dengan Gojek ini akan memberikan potensi nilai tambah yang besar dilakukan jika dengan Telkomsel, terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan dalam mengembangkan bisnis layanan digital, seiring roadmap transformasi yang sedang dijalankan Telkom Group untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” kata Ririek.
Seperti yang diketahui, langkah investasi ini menjadi bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital, yakni sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital, serta platform digital.
Kerja sama ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018. Melalui kerja sama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat Indonesia di seluruh nusantara.
Baca juga: Menakar Manfaat Telkom Group Investasi ke Gojek
Sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.
Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis. Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.
Telkom dan Telkomsel sendiri adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Dengan jaringan yang terbesar dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia membuat nilai Telkom sangat tinggi, sebab aset utama dari ekonomi digital adalah jaringan telekomunikasi yang handal dan tersebar di seluruh wilayah.
Sementara Gojek merupakan perusahaan digital yang menyediakan one-stop solution bagi seluruh kebutuhan masyarakat. Dari layanan transportasi serta logistik, pengiriman makanan, penjualan pulsa, hingga layanan finansial.
Kerja sama dengan Gojek ini diharapkan dapat melengkapi strategi transformasi perusahaan dalam mengembangkan bisnis layanan digital, memperkuat kapasitas, dan kualitas sumber daya manusia, khususnya para talent digital.