Jack Ma Banting Setir Jadi Pengajar di Jepang Usai Ngilang 2 Tahun

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id— Jack Ma,billionaireasal China yang juga pendiri raksasa teknologi Alibaba muncul kembali ke ranah publik usai menghilang kurang lebih 3 tahun.

Jack Ma yang menghilang dari pandangan publik semenjak 2020 lalu ini kini menjadi seorang profesor tamu di Tokyo College. Ia akan ikut andil dalam beberapa mata kuliah.

“Kami mengharapkan kontribusi profesor tamu (Jack) Ma dalam 3 bidang berikut, memberikan saran dan dukungan untuk topik penelitian utama Tokyo College, melakukan penelitian dan proyek bersama para peneliti U Tokyo di bidang pertanian berkelanjutan dan produksi pangan.

Dalam kesempatan mengajar ini, Jack Ma juga akan berbagi cerita dirinya yang kaya akan pengalaman serta pengetahuan akan kewirausahaan, manajemen perusahaan dan inovasi. 

Pengetahuan dan pengalaman ini akan dibagikan dalam sebuah seminar yang diikuti mahasiswa dan fakultas Universitas Tokyo.

Ma sudah mulai menjadi profesor tamu semenjak 1 Mei 2023 kemarin, jabatan ini menjadi yang kedua kalinya untuk Jack Ma karena sudah pernah menjadi profesor tamu pada 2019 kemarin, sebelum dirinya ‘menghilang’ dari publik.

2020 lalu, Jack Ma mulai membatasi kemunculannya setelah pemerintah China geram akan tindakan Ma yang mengkritik sistem regulasi keuangan China dan mengklaim kalau bank-bank China beroperasi dengan mentalitas ‘Pegadaian’.

Melansir dari Business Insider, Selasa, (02/05), beberapa hari usai kritikannya ini, bisnis fintech miliknya, Ant Group, dibatalkan.

Pembatalan ini merembet ke perusahaan teknologi lain, termasuk Alibaba yang sahamnya turun hingga 70 persen kala itu. Kekayaan Jack Ma pun anjlok dari USD61 miliar menjadi USD33 miliar.

Semenjak itu, Ma yang suka wara-wiri di depan publik mulai bersembunyi, tindakan ini menimbulkan berbagai spekulasi, termasuk tuduhan penculikan oleh Pemerintah China.