Asal-usul Penetapan Standar Waktu Dunia di Greenwich

19 February 2018 by
Asal-usul Penetapan Standar Waktu Dunia di Greenwich

Pada zaman ini, jika kamu ingin janjian bertemu dengan temanmu, kalian hanya perlu menentukan kapan dan di mana kalian akan bertemu. Pukul 5 sore, pukul 7 malam, atau saat makan siang pukul 12, tidak jadi masalah.

Tapi lain halnya jika kamu hidup 150 tahun yang lalu. Mengapa? Karena waktu standar internasional yang akurat yang kita miliki sekarang baru ada pada tahun 1884, atau hanya 134 tahun yang lalu. 

Indonesia sendiri baru mengadopsi waktu standar internasional tersebut berpuluh-puluh tahun setelahnya. Jadi mungkin saja pada zaman buyut atau nenek dan kakek kamu, mereka belum punya jam yang akurat ketika mereka masih kecil.

Waktu yang kita miliki sekarang merupakan sebuah kesepakatan internasional yang mengadopsi waktu di Greenwich, London, Inggris, yang disebut Greenwich Mean Time (GMT). GMT digunakan sebagai patokan waktu di seluruh dunia yang kemudian disebut Universal Coordinated Time (UCT). 

Seolah-olah ada satu garis lurus yang melintasi Greenwich dan membelah bumi menjadi Barat dan Timur. Garis ini disebut dengan garis bujur. Jadi jika kamu tinggal di sebelah timur Greenwich seperti di Indonesia, maka waktu di negaramu tinggal akan lebih cepat dari waktu Greenwich. Sementara jika kamu tinggal di Amerika, waktu di Amerika akan lebih lambat dari waktu Greenwich karena Amerika terletak di sebelah barat Greenwich.

Di Greenwich sendiri ada sebuah observatorium kerajaan, tempat di mana waktu diamati dengan melihat posisi matahari. Awalnya pengamatan ini dilakukan hanya untuk keperluan maritim atau pelayaran. 

Namun dengan semakin berkembangnya peradaban manusia, waktu yang akurat sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya, sebelum perusahaan kereta di Inggris mengadopsi waktu standar dalam pekerjaan mereka, banyak sekali masalah yang terjadi akibat tidak adanya waktu yang akurat yang digunakan. Mulai dari kereta yang telat, sampai kecelakaan.

Lalu apakah sebelumnya waktu tidak ada? Tentu saja ada. Biasanya setiap daerah memiliki pengamatan waktunya sendiri-sendiri dengan mengamati gejala-gejala alam. Tapi waktu yang dimiliki sebelumnya tidaklah akurat dan tidak standar, sehingga setiap orang memiliki waktunya sendiri-sendiri.

Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai sejarah waktu, kamu bisa mengunjungi sendiri Royal Observatory Greenwich di sebelah timur kota London. Observatorium ini terletak di atas sebuah bukit sehingga pengamatan bisa terlihat jelas dan tidak terganggu oleh bangunan-bangunan sekitar. 

Tiket masuknya hanya 9 Poundsterling untuk orang dewasa dan 5,85 Poundsterling untuk anak-anak. Di observatorium ini ada museum dan rumah para astronomer kerajaan. Kamu bisa melihat bagaimana mereka bekerja pada zaman dahulu, termasuk astronomer Edmond Halley yang namanya diabadikan menjadi nama komet Halley. Observatorium ini juga dilengkapi dengan teropong-teropong raksasa yang masih bisa digunakan.

Hal yang juga bisa kamu lakukan ketika ada disini adalah meletakkan kedua kaki di dua belahan bumi yang berbeda. Sebab, di Greenwich, garis bujur 0 derajat yang membelah bumi menjadi bagian barat dan timur benar-benar dibuat. Hanya dengan satu langkah saja, kamu sudah ada di tempat dengan waktu yang berbeda.

Beruntung sekali kita punya waktu yang standar sekarang. Kalau tidak kita akan selalu telat ke sekolah, ke kantor, atau ketinggalan pesawat.

-----------------------------

Laporan ini ditulis oleh reporter kumparan di Jerman Daniel Chrisendo.

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

353 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Dimas Hengki 25 February 2019 | 11:08:08

pengamatan waktu sendiri sendiri

yOoghie Verry 20 February 2019 | 16:38:01

ada asal usul nya juga yah ternyata

nikisae 19 February 2019 | 16:42:28

jadi begini ya asal usulnya penetapan standar waktu dunia jadi banyak pengetahuan nih berkat ni artikel

Uchiha Sin 19 February 2019 | 11:52:07

artikel yang bagus saya jadi tau asal usul penetapan standar waktu dunia

menolak lupa 19 February 2019 | 10:52:20

baru tahu nih tentang asal usulnya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top