Bedah Spesifikasi Royal Enfield New Himalayan, Mesinnya Baru!
Uzone.id - Royal Enfield New Himalayan mendapatkan banyak ubahan baik dari segi desain, mesin, hingga ke fiturnya. Menariknya, mesin baru dari Himalayan membuatnya menjadi jauh lebih bertenaga dari generasi sebelumnya.
Mesin Royal Enfield New Himalayan kini memiliki kubikasi 452 cc, 1-silinder, DOHC, yang kini sudah menggunakan pendingin cairan. Dengan konfigurasi ini mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 40 hp di 8.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 40 Nm di 5.500 rpm.Tenaga dari mesin tersebut terhubung ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan yang dilengkapi kopling slip dan assist.
Kaki-kaki dari Royal Enfield New Himalayan juga memiliki komponen baru yakni suspensi upside-down di depan yang terhubung ke roda berukuran 21 inci bertapak 90/90. Sementara di belakang mengandalkan suspensi tunggal yang terhubung ke roda 17 inci dengan tapak ban 140/80.
Dengan tenaga dan roda tersebut, Royal Enfield membekali New Himalayan dengan rem cakram 320 mm dengan piston ganda dari Bybre di depan. Sementara rem belakang menggunakan cakram 270 mm dengan piston tunggal. Kedua peranti pengereman tersebut juga sudah dilengkapi teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Royal Enfield juga memberikan desain baru di New Himalayan yang terlihat paling jelas dari bagian tangkinya. Bentuk tangki yang kini lebih dinamis itu mampu menampung bahan bakar sebanyak 17 liter.
Pembaruan desain Royal Enfield New Himalayan membuat dimensinya juga turut berubah yakni panjang 2.284 mm, lebar 852 mm, tinggi 1.316 mm, dengan wheelbase 1.510 mm, dan jarak terendah ke tanah mencapai 230 mm. Himalayan mendapatkan jok yang dapat disetel ketinggiannya dengan standar paling pendek 825 mm dan tertingginya 845 mm.
Soal harganya, Himalayan terbaru pada varian Base dijual dengan harga Rp151,5 juta, varian Pass dibanderol Rp156,5 juta, varian Summit seharga Rp159,6 juta, dan Summit Tubeless dipatok sebesar Rp162,5 juta.
Spesifikasi lengkap Royal Enfield New Himalayan
Mesin | 452 cc, 1-silinder, 4-langkah,DOHC, berpendingin cairan |
Diameter x Langkah | 84 x 81,5 mm |
Rasio Kompresi | 11,5:1 |
Tenaga Maksimal | 29,44 kW di 8.000 rpm |
Torsi Puncak | 40 Nm di 5.500 rpm |
Sistem Pengapian | Injeksi dikontrol ECU |
Stater | Listrik |
Kopling | Pelat multi basah, slip dan assist |
Transmisi | girboks manual 6-percepatan |
Rangka | Tubular spar ganda, baja |
Suspensi Depan | Upside-down 43 mm, travel 200 mm |
Suspensi Belakang | Mono-shock linkage, travel 200 mm |
Rem Depan | Cakram 320 mm, kaliper piston ganda Bybre |
Rem Belakang | Cakram 270 mm, kaliper piston tunggal |
Sistem Rem | ABS ganda dapat disetel |
Ban Depan | 90/90-21 M/C 54H |
Ban Belakang | 140/80-17 M/C 69H |
Tangki | 17 liter |
Dimensi PxLxT | 2.284 x 852 x 1.316 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.510 mm |
Jarak ke Tanah | 230 mm |
Tinggi Jok | 825 mm - 845 mm |
Bobot | 191 kg |