Begini Spesifikasi Motor Trail Anak Kawasaki KLX 110R
Uzone.id - Kawasaki belum lama ini meluncurkan satu motor untuk anak kecil yakni KLX 110R dan KLX 110R L. Kedua produk tersebut langsung dipajang di Jakarta Fair Kemayoran pada saat peluncurannya.
Motor trail kecil yang satu ini memang di desain untuk anak-anak, namun bukan untuk dipakai di jalan umum melainkan untuk latihan off-road. Sehingga cocok bagi anak-anak yang ingin memiliki minat dengan olahraga garuk tanah tersebut.Lantas bagaimana dengan spesifikasinya?
Kawasaki KLX 110R dan KLX 110R-L memiliki kesamaan dari segi spesifikasi mesin. Mesinnya dibekali konfigurasi 112 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, karburator yang dapat menghasilkan tenaga 7,3 PS di 7.500 rpm dan torsi 8 Nm di 4.000 rpm.
Bagian rangka dari KLX 110R dan KLX 110R-L juga masih sama, yakni rangka backbone dengan suspensi 30 mm teleskopik di depan dan single shockbreaker di belakang.
Namun pada bagian wheel travel sedikit bereda antara kedua produk tersebut. Pada varian KLX 110R dibekali travel depan dan belakang sepanjang 110 mm. Sementara KLX 110R-L dibekali travel depan 140 mm dan travel belakang 132 mm.
Sisanya masih mirip dengan roda berukuran 2.50-14 inci di depan dan 3.00-12 inci di belakang. Pengereman pada keuda motor ini juga sama yakni menggunakan tromol baik depan dan juga belakang.
Karena travel yang berbeda, maka membuat dimensi dari KLX 110R dan KLX110R-L berbeda. Kesamaan terdapat pada panjang 1.560 mm, lebar 650 mm, dan wheelbase 1.075 mm.
Sementara dari segi ketinggian, jarak ke tanah, dan tinggi jok keduanya berbeda. KLX 110R memiliki tinggi 955 mm, jarak terendah 215 mm, dan tinggi jok 680 mm. Sedangkan KLX 110R-L memiliki tinggi 990 mm, jarak ke tanah 265 mm, dan tinggi jok 730 mm.
Berikut spesifikasi lengkap Kawasaki KLX 110R dan KLX 110R-L
Komponen | KLX 110R | KLX 110R-L |
Power Maksimum | 5.4 kW {7.3 PS} / 7,500 rpm | |
Torsi Maksimum | 8.0 Nm {0.82 kgfm} / 4,000 rpm | |
Jenis Mesin | Air-cooled, 4-stroke Single | |
Volume Silinder | 112 cc | |
Diameter x Langkah | 53.0 x 50.6 mm | |
Perbandingan Kompresi | 9.5:1 | |
Sistem Katup | SOHC, 2 valves | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Carburettor: Keihin PB18 | |
Sistem Pengapian | Digital DC-CDI | |
Start | Electric & kick | |
Transmission | 4-speed, return | |
Primary Reduction Ratio | 3.409 (75/22) | |
Final Reduction Ratio | 2.923 (38/13) | |
Kopling | Centrifugal, wet multi-disc | |
System Final Drive Type | Chain | |
Tipe Rangka | Backbone, steel | |
Suspensi Depan | ø30 mm telescopic fork | |
Suspensi Belakang | Single shock | |
Wheel Travel Depan | 110 mm | 140 mm |
Wheel Travel Belakang | 110 mm | 132 mm |
Sudut Putar / Trail | 24.8° / 50 mm | |
Roda Depan | 2.50-14 4PR | |
Roda Belakang | 3.00-12 4PR | |
Rem Depan | Drum (ø90 mm) | |
Rem Belakang | Drum (ø110 mm) | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1,560 x 650 x 955 mm | 1,560 x 650 x 990 mm |
Jarak poros roda | 1,075 mm | |
Jarak ke Tanah | 215 mm | 265 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 680 mm | 730 mm |
Berat** | 76 kg | |
Kapasitas Bensin | 3.6 litres |