Cara Membedakan Hotel Bintang Satu Hingga Lima
Ilustrasi hotel (Ist)
Uzone.id - Hingga saat ini, hotel merupakan tipe akomodasi yang paling populer di kalangan wisatawan.Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2018, Indonesia memiliki lebih dari 28.000 akomodasi dengan total kamar yang tersedia mencapai lebih dari 712 ribu kamar.
Dari angka tersebut, sebanyak 11,74% atau 3.300 diantaranya merupakan hotel berbintang yang memiliki total kamar sebanyak 278.522 unit.
Mayoritas hotel berbintang ini tersebar di Pulau Jawa dan Bali, dengan Bali sebagai provinsi yang memiliki jumlah hotel terbanyak di Indonesia.
Hampir 40% dari total hotel di Indonesia merupakan hotel bintang tiga (1.302 hotel), diikuti dengan hotel bintang dua (22,48%) dan hotel bintang empat (20,58%).
Klasifikasi bintang hotel ini dilakukan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dengan melakukan peninjauan 3 tahun sekali untuk aspek-aspek seperti jumlah kamar, fasilitas, dan model bisnis.
Pada umumnya, kita mengenal bahwa semakin banyak jumlah bintangnya, maka semakin mahal hotelnya.
Namun, masih banyak wisatawan yang bingung dengan perbedaan nilai dan representasi dari jumlah bintang pada hotel-hotel tersebut.
Untuk membantu wisatawan mendapatkan hotel terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, berikut merupakan panduan sederhana dalam memahami kualitas hotel berdasarkan klasifikasi bintangnya:
Hotel Bintang Satu
- Umumnya dikelola langsung oleh pemilik hotel.
- Jumlah kamar sedikit dan sederhana, yaitu minimal 15 kamar dengan fasilitas standar yang paling mendasar.
- Memiliki fasilitas kamar mandi dalam.
- Luas kamar minimal 20m2
Hotel Bintang Dua
- Jumlah kamar minimal 20 kamar. Setidaknya memiliki satu kamar suite untuk memberikan pilihan lebih bagi wisatawan.
- Memiliki fasilitas kamar mandi dalam, TV, AC, dan telepon di dalam kamar.
- Luas kamar minimal 22m2 dan 44m2 untuk kamar suite.
- Memiliki lobi untuk menerima tamu.
- Pintu kamar harus dilengkapi dengan sistem pengaman.
- Kapasitas penerangan minimum 150 lux.
- Memiliki fasilitas kebugaran, bar, dan rekreasi.
- Ruangan dilengkapi pengaturan udara yang sesuai
Hotel Bintang Tiga
- Jumlah kamar minimal 30 kamar dengan luas 24m2
- Jumlah kamar suite minimal 2 kamar dengan luas 48m2
- Harus memiliki fasilitas kamar mandi dalam, TV, AC, Wi-Fi, dan telepon di dalam kamar.
- Memiliki fasilitas olahraga dan rekreasi.
- Tersedia restoran yang menyediakan sarapan, makan siang, atau makan malam.
- Melayani valet parking.
Hotel Bintang Empat
- Jumlah kamar minimal 50 kamar dengan luas 24m2
- Jumlah kamar suite minimal 3 kamar dengan luas 48m2
- Harus memiliki kamar mandi dalam dengan instalasi air panas.
- Memiliki fasilitas TV, AC, kulkas, Wi-Fi, laundry, dan telepon di dalam kamar.
- Memiliki restoran, pusat kebugaran, kolam renang, dan bar.
- Memiliki toilet umum untuk tamu
- Luas lobi minimum 100m2.
Hotel Bintang Lima
- Jumlah kamar minimal 100 kamar dengan luas 26m2
- Jumlah kamar suite minimal 4 kamar dengan luas 52m2
- Harus memiliki kamar mandi dalam dengan instalasi air panas.
- Memiliki fasilitas TV, AC, kulkas, Wi-Fi, laundry, dan telepon di dalam kamar. Fasilitas memiliki kualitas tinggi.
- Memiliki restoran, pusat kebugaran, kolam renang, tempat bermain anak, bar, dan fasilitas leisure lainnya.
- Memiliki restoran dengan layanan antar ke kamar 24 jam.
Itu dia perbedaan fasilitas dari hotel berbintang satu sampai berbintang lima untuk membantu kamu menemukan hotel terbaik di Indonesia.
Semakin tinggi klasifikasi bintang, berarti fasilitas yang didapatkan oleh tamu akan semakin lengkap dan berkualitas tinggi.
Bahkan, sekarang tidak jarang ditemukan hotel berbintang tujuh yang memiliki fasilitas ekstra mewah, yang memiliki jumlah kamar suite harus lebih banyak dari kamar standar.
Klasifikasi bintang hotel sangat berguna untuk menjadi pertimbangan ketika menentukan tempat menginap. Namun begitu, jumlah bintang bukan satu-satunya indikator yang menentukan bagus atau tidaknya sebuah hotel.
Jika ingin mendapatkan gambaran yang lebih tepat, ada baiknya untuk mengumpulkan informasi dari review dan testimoni para tamu yang telah menginap di hotel tersebut.
Hal ini bisa dilakukan dengan aplikasi agen perjalanan online seperti Traveloka. Pada menu pemesanan hotel, Traveloka menunjukkan ulasan dari tamu-tamu yang pernah menginap di properti tersebut.