Cara Telkomsel Bantu UMKM dengan Konsep Sharing Economy
Uzone.id - Masa Covid-19 yang berangsur mulai mereda, memunculkan tantangan baru dalam mendukung kebangkitan UMKM secara nasional.
Berangkat dari hal tersebut Telkomsel mencoba memberikan bantuan dalam rangkaian Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengedepankan konsep sharing economy.Maksudnya, dalam memenuhi pengadaan bantuan makanan dan sembako yang akan diberikan kepada penerima manfaat, dengan mendorong pemberdayaan para pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar wilayah penerima manfaat.
Serangkaian kegiatan CSR Telkomsel Siaga selama periode RAFI 2023 tersebut mencakup penyerahan bantuan untuk penerima manfaat di seluruh Indonesia, antara lain kepada 280 masyarakat duafa dalam kondisi sakit/penyandang disabilitas, 280 guru mengaji, 1.800 masyarakat duafa dalam bentuk paket buka puasa/sahur gratis.
Menurut Filin Yulia, VP Consumer Sales Area Jabodetabek Jabar, 1.800 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 28 masjid, serta 280 yayasan duafa, yayasan penyandang disabilitas, dan panti jompo di seluruh Indonesia.
Selain melakukan penyerahan secara langsung kepada penerima manfaat pada sejumlah wilayah di Indonesia, penyerahan juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan roadshow Telkomsel yang digelar di empat kota di Indonesia, yakni Cirebon, Jawa Barat (28 Maret 2023), Banjarmasin, Kalimantan Selatan (3 April 2023), Banda Aceh, Aceh (5 April 2023), dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (10 April 2023).
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka yang membutuhkan untuk #NyalakanKebersamaan di momen bulan suci umat muslim.
Pada rangkaian kegiatan pertama roadshow di Kota Cirebon, Jawa Barat (28/3), Direktur Human Capital Management Telkomsel Muharam Perbawamukti dan Direktur IT Telkomsel Bharat Alva turut hadir berbagi kebersamaan dengan para penghuni dari sejumlah yayasan dan panti asuhan yang berada di kota Cirebon dan sekitarnya.
Melalui kegiatan tersebut, Telkomsel berharap semangat #NyalakanKebersamaan dapat menjadikan kebermanfaatan perusahaan menjadi semakin bermakna, terutama dalam mendampingi seluruh lapisan masyarakat dalam merayakan kehangatan di sepanjang momen RAFI 2023.