Cegah 'Cyberbullying', Instagram Hadirkan 3 Fitur Baru

07 December 2016 by
Cegah 'Cyberbullying', Instagram Hadirkan 3 Fitur Baru


Sejak awal dibuat, Instagram memang mendedikasikan platform mereka sebagai media sosial yang aman dan nyaman untuk berbagi foto. Namun dengan jumlah pengguna aktif bulanan yang mencapai lima ratus juta orang, semakin banyak pula pengguna yang justru menggunakan Instagram untuk mengganggu pengguna lain.

Di Indonesia sendiri, kini telah ada tiga puluh juta pengguna yang aktif mengakses Instagram setiap bulannya. Seperti sadar akan hal tersebut, pada bulan September 2016 silam Instagram pun menghadirkan fitur moderasi komentar. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memilih kata-kata tertentu yang nantinya tidak akan bisa muncul di kolom komentar kamu.

Tak berhenti sampai di situ, pada tanggal 6 Desember 2016 yang lalu Instagram kembali mengumumkan kehadiran tiga fitur baruuntuk menjaga platform mereka agar tetap nyaman digunakan. Instagram menyatakan kalau fitur-fitur ini akan hadir untuk semua pengguna mereka dalam beberapa minggu ke depan.

Menghilangkan kolom komentar


Instagram Komentar | Screenshot

Cara menghilangkan kolom komentar (kiri dan tengah), serta cara memberi Heart kepada komentar tertentu (kanan)




Seperti menjadi kelanjutan dari fitur moderasi komentar, Instagram kini siap menghadirkan fitur baru untuk menghilangkan kolom komentar secara keseluruhan dari foto atau video tertentu yang diunggah pengguna.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu masuk ke pilihan Advanced Settings sebelum kamu mengunggah sebuah konten. Setelah itu, kamu harus memilih opsi Turn Off Commenting. Apabila kamu ingin memunculkan kembali kolom komentar untuk foto atau video tersebut, kamu hanya perlu menonaktifkan pilihan Turn Off Commenting itu.

Menurut CEO Instagram Kevin Systrom, mereka pun akan menghadirkan fitur untuk memberi Heart kepada setiap komentar yang kamu suka. Fitur ini mirip dengan fitur Like yang dimiliki Facebook.

Menghilangkan follower tanpa notifikasi


Untuk menjaga agar setiap hal yang mereka unggah tidak bisa dilihat oleh setiap orang, beberapa pengguna Instagram pun memanfaatkan fitur Private Accounts. Sayangnya, apabila seorang pengguna Private Accounts telah menyetujui seseorang untuk menjadi follower, mereka tidak bisa membatalkan hal tersebut di kemudian hari.

Membeli produk langsung lewat Instagram sepertinya bukan lagi suatu hal yang mustahil nih!

Untuk menghilangkan akses dari follower yang bersangkutan, pemilik Private Accounts tersebut harus melakukan blokir. Dan beberapa orang cenderung enggan melakukan itu karena khawatir bisa merusak hubungan dengan pengguna yang bersangkutan.

Instagram mengerti hal tersebut, dan mereka pun siap menghadirkan fitur untuk “menendang” follower tanpa memberikan notifikasi kepada orang yang bersangkutan.

Pelaporan untuk pengguna lain yang dalam bahaya


Instagram Laporan | Screenshot

Fitur terakhir yang akan dihadirkan Instagram dalam waktu dekat adalah sistem pelaporan apabila kamu menemukan seorang pengguna Instagram lain yang tengah terancam. Contohnya apabila kamu melihat seorang pengguna yang tengah depresi dan berpotensi untuk melukai atau bahkan membunuh dirinya sendiri.

Instagram telah menyiapkan tim yang bekerja 24 jam untuk menangani semua laporan tersebut. Mereka akan menghubungkan sang pengguna yang tengah terancam tersebut dengan organisasi terkait di seluruh dunia, agar ia bisa mendapat bantuan.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

7 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Derryl Youri 15 March 2019 | 16:31:25

fitur nya banyak yang keren 😂

Sukardi Oyi 15 March 2019 | 14:44:48

fitur yang sangat bagus bagus bagus bagus

Randi Permana 22 February 2019 | 16:49:37

fitur nyah banyak yang keren tuhh

Prabowo Ananta 18 January 2019 | 16:57:03

wow mantab jiwa uah bilidimg biza di kendalikan

chèese 26 September 2018 | 22:36:30

3 fitur instagram yang bermanfaat untuk kedepannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top