China Menahan Ilmuwan yang Mampu Edit Gen Bayi Manusia

01 January 2019 by
China Menahan Ilmuwan yang Mampu Edit Gen Bayi Manusia

Pemerintah China dikabarkan menahan He Jiankui yakni ilmuwan yang mengklaim mampu edit Gen Bayi Manusia secara genetik pertama di dunia.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Minggu (30/12), informasi ini menjawab teka-teki keberadaan He Jiankui yang kabarnya menghilang sejak awal Desember lalu.

Menurut New York Times, He Jiankui berstatus tahanan rumah dan ditahan di fasilitas perumahan Southern University of Science and Technology di Shenzhen, China.

Selama ditahan dia dapat membuat panggilan dan mengirim pesan email tetapi tidak bisa pergi kemana-mana. Para penjaga juga mencegah orang mendekat ke rumah tahanannya.

Pihak universitas awalnya menyangkal laporan penahanan tersebut tetapi Liu Chaoyu selaku staf dan mitra bisnis membantah dengan mengofirmasi jika He Jiankui berada di sana.

{Baca juga: Putri Pendiri Huawei Ditahan di Kanada, Ada Apa?}

Hingga kini belum jelas bagaimana kondisi He Jiankui selama ditahanan. Penemuan ilmiah Jiankui juga masih menjadi kontroversi.

Komunitas ilmiah menuduh jika ada tindakan penipuan antara Jiankui dengan pasien karena pasien hanya menganggap jika yang dilakukan dia adalah uji coba vaksin Aids bukan modifikasi genetik.

Saat ini tidak ada cara untuk memverifikasi prosedur atau efektivitas jangka panjang dari temuan Jiankui tersebut. Pasalnya peneliti itu berjanji akan memberikan data mentah untuk ditinjau tetapi belum pernah diberikan.

{Baca juga: Ngeri! Robot Ular Buatan Ilmuwan Jepang Ini Bisa Manjat}

Sebelumnya He Jiankui menyebut dirinya telah berhasil menciptakan dua bayi kembar berjenis kelamin perempuan yang lahir bulan November lalu dengan menggunakan Clusteres Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats (CRISPR) sebuah alat yang berfungsi melakukan modifikasi DNA.

Dalam video itu, dia menyatakan, telah berhasil memodifikasi gen dua embrio bayi perempuan, bernama Lulu dan Nana. He Jiankui menghapus gen yang memungkinkan kedua bayi perempuan ini terhindar dari HIV AIDS. [NM/MS]

Artikel China Menahan Ilmuwan yang Mampu Edit Gen Bayi Manusia dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2452 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ar dian 18 August 2019 | 02:56:19

Kalau begini gak terima kehidupan donk

mawar seyna 18 August 2019 | 02:23:52

harus segera diperbaiki kalau mau tambah efektif

Magfiratul Ismi 17 August 2019 | 13:39:07

sangat bertentangan dengan hukum alam

candra 01 August 2019 | 19:06:22

Setuju karna sama saja melawan kehendak Tuhan

as jumbleng 31 July 2019 | 06:42:01

gen bayi manusia ga perlu di edit lah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top