home ×
Technology

Curangi Asuransi, Pria Malaysia Bisa Ganti iPhone Gratis Setiap Tahun

04 December 2018 By
Curangi Asuransi, Pria Malaysia Bisa Ganti iPhone Gratis Setiap Tahun
Kumparan

iPhone telah menjadi simbol kemewahan. Harganya yang mahal bisa meningkatkan gengsi si penggunanya.

Tak heran sebagian orang rela melakukan hal apapun untuk bisa membeli iPhone baru, mulai dari menabung, menjual ginjal, hingga menipu asuransi. Cara yang terakhir disebut dilakukan oleh seorang pria di Malaysia.

Pria asal Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, itu melakukan penipuan asuransi untuk bisa mendapatkan iPhone baru secara gratis setiap tahun. Aksinya ini sudah dilakukan sejak tahun 2013.

Kepolisian Penang berhasil menemukan dan mengungkap skema penipuan asuransi yang dilakukan pria berusia 34 tahun tersebut. Pelaku akhirnya ditangkap pada akhir November 2018.

Kepada polisi, pelaku mengaku beraksi dengan mengajukan klaim asuransi palsu untuk iPhone XS Max miliknya, yang disebut telah hilang dicuri. iPhone itu dilaporkan dirampok oleh dua orang penjahat di lokasi tak jauh dari rumah ibu mertuanya di dekat Bukit Mertajam pada Sabtu (24/11) lalu.

Selain iPhone XS Max, pelaku juga melakukan klaim asuransi serupa untuk tablet iPad Pro, laptop MacBook, dan juga barang-barang Apple lainnya. Semua laporan memiliki pola yang sama.

“Namun, ketika kami melihat latar belakangnya, kami menemukan laporan polisi sebelumnya, yang semuanya memiliki pola yang sama. Setiap laporan menunjukkan dia kehilangan iPhone,” kata Kepala Polisi Central Seberang Perai Nik Ros Nik Abdul Hamid, seperti dikutip dari Free Malaysia Today.

Nik menambahkan, pelaku menjual iPhone-nya yang diklaim 'hilang' di forum internet. Ia kemudian membeli iPhone baru setelah mendapatkan uang dari pihak asuransi dan uang tambahan dari hasil menjual iPhone lamanya, dan melakukan upaya serupa untuk produk Apple lainnya.

"Kami pergi ke rumah ibu mertuanya di Kampung Baru, Bukit Mertajam, dan menemukan MacBook Pro-nya, yang dilaporkan dicuri, di sana," tambah Nik Ros.

Pelaku mengaku kepada polisi bahwa ia telah menjual iPhone XS Max dengan harga sekitar 5 ribu ringgit dan 6 ribu ringgit untuk MacBook miliknya di forum internet.

1939 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 11 October 2019 | 10:49:35

tidak boleh ya berbuat yang curang

netti hasan 04 October 2019 | 02:05:35

jangan suka berbuat kecurangan ya gak Bagus

Nursidik Anjaay 28 July 2019 | 14:51:07

semoga hpnya sukses teruslah dan berguna ya

dek ipul 29 June 2019 | 04:48:28

wah penipu yang satu ini harus dihukum

abdul tohir 17 June 2019 | 09:23:49

ternyata perusahaan asuransi bisa dicurangi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article