Dear Pak Polisi, Jangan Tatap Layar iPhone Milik Tersangka!

14 October 2018 by
Dear Pak Polisi, Jangan Tatap Layar iPhone Milik Tersangka!

Polisi dan aparat penegak hukum disarankan untuk tidak menatap layar iPhone dengan fitur Face ID milik para tersangka. Sebab, hal tersebut akan membuat kunci iPhone tidak bisa dibuka.

Kala peluncuran iPhone X pada 2017, pejabat eksekutif Apple, Craig Federighi, juga tidak bisa menggunakan wajahnya untuk membuka kunci ponsel via Face ID. Ia pun terpaksa mengetikkan kata sandi untuk membukanya.

Menurut CEO Elcomsoft, Vladimir Katalov, jika seorang polisi melihat layar berfitur Face ID di iPhone milik tersangka, ponsel jadi terkontaminasi sehingga “memakan” satu dari lima kuota sistem pengenalan wajah.

Padahal, apabila setelah upaya kelima membuka layar menggunakan wajah akhirnya gagal, iPhone butuh kata sandi untuk membuka kunci. Akibatnya, polisi jadi sulit untuk melakukan penyelidikan di iPhone milik tersangka.

Baca juga: FBI Kembali Minta Apple Buka iPhone Teroris, Kenapa?

Tugas berat menanti polisi kalau tersangka menggunakan hak amandemen untuk menolak mengungkapkan kata sandi untuk membuka layar iPhone punyanya. Hal tersebut beberapa kali terjadi dalam sejumlah kasus.

Seperti halnya pada awal Oktober 2018 kemarin, FBI melakukan penyelidikan kasus yang melibatkan iPhone. Guna memudahkan penyelidikan, FBI meminta tersangka menggunakan Face ID untuk membuka kunci iPhone X.

Baca juga: Apple Tolak Permintaan FBI untuk Akses ‘Backdoor’

Pada Agustus 2018 lalu, berbekal surat perintah penggeledahan, FBI menggerebek rumah Grant Michalski untuk mencari bukti. Michalski dilaporkan telah mengirim maupun menerima konten pornografi anak.

FBI mencari komputer Michalski. Selama penggeledahan, FBI berhasil membuka iPhone X miliki terduga pelaku. Agen yang menemukan iPhone X lantas meminta kepada Michalski untuk membuka kunci via fitur Face ID.

Menurut The Verge, agen FBI menempatkan iPhone X ke Airplane Mode dan memeriksanya dengan melihat semua file dan folder secara manual. Mereka juga mendokumentasikan semua temuan di ponsel itu.

Baca juga: FBI Keluhkan Tingginya Keamanan Smartphone Modern

Selama penggerebekan Michalski bersikap kooperatif. Namun, upaya FBI terkunci oleh perangkat karena tidak memiliki kata sandinya. Mereka harus minta surat perintah penggeledahan kedua untuk menindaklanjutinya. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

Artikel Dear Pak Polisi, Jangan Tatap Layar iPhone Milik Tersangka! dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
67%

Suka

Laugh
33%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1696 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Aku Milikmu 25 April 2019 | 15:36:45

emangnya kenapa gak boleh ditatap

alvian alfarizy 02 March 2019 | 11:38:32

wah kalau iphone memang canggih lah

Ivan Avandy 02 March 2019 | 10:51:14

jadi gitu ya sistem nya baru tau gua

Budi Purnama 02 March 2019 | 03:26:29

kekurangan iphone untuk segera diperbaiki

Ria Lubis 01 March 2019 | 21:20:17

jangan tatap layar milik tersangka lebih bagus jual langsung

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top