Disaat Indonesia Mikirin Kavling Surga, India Malah Mau Luncurkan Roket Ke Bulan

26 May 2019 by
Disaat Indonesia Mikirin Kavling Surga, India Malah Mau Luncurkan Roket Ke Bulan

Rencana India yang akan meluncurkan roket pada bulan Juli mendatang disambut baik oleh banyak warganet. Dilansir dari detiknews.com, Badan antariksa India (Indian Space Research Organization/ISRO) mengumumkan misi ke Bulan diluncurkan Juli mendatang.

Diketahui India akan menggunakan roket Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mk.3 untuk misi ini. Misi yang diberi nama Chandrayaan 2 ini rencananya akan meluncur pada tanggal 9 hingga 16 Juli.

Roket tersebut pasalnya akan mengangkasa dari pusat peluncuran di Pulau Sriharikota di utara kota Chennai.

ISRO menyatakan misi uni tidak mudah

Misi peluncuran roket ke bulan ini memang ukanlah misi yang mudah. Pihak Chairman ISRO Kailasavadivoo Sivan menjelaskan apabila ini misi paling rumit dan menantang yang akan diluncurkan ISRO. Namun jika hal ini berhasil, maka India akan menjadi negara keempat yang berhasil mendarat di bulan setelah Rusia, Amerika Serikat, dan China.

"Ini bukan hanya misi peluncuran. Kami akan mendarat tepat di tempat yang belum pernah dicapai sebelumnya," ujar Sivan.

"Ini menantang bagi seluruh tim ISRO. Saya tidak ragu bahwa tim ISRO akan mencapai target misi ini, dengan presisi yang kita targetkan," imbuhnya.

menelan biaya hingga USD 125 juta (Rp1,8 triliun).

Dibutuhkan dana yang tidak murah untuk menjalankan misi mendarat di bulan yang dilakukan oleh India ini. Dilanisr dari detiknews.com, secara total misi ini menelan biaya hingga USD 125 juta (Rp 1,8 triliun).

Misi Chandrayaan 2 memiliki tiga segmen berupa modul orbiter yang akan memandunya untuk mencapai Bulan, wahana pendarat bernama Vikram yang akan turun ke permukaan Bulan dan kendaraan penjelajah yang bernama Pragyan.

Bukan misi pertama

Misi pendaratan ke bulan ini memang bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh India.Sebelumnya, di tahun 2008 ISRO meluncurkan orbiter Bulan pertamanya yang dinamakan Chandrayaan 1. Salah satu pencapaian orbiter ini adalah penemuan molekul yang mengandung air di kutub Bulan.

Jika misi pendaratan ini berhasil maka India akan menjadi negara ke 4 yang berhasil mendarat ke bulan. Sebelumnya Israel digadang-gadang juga akan melakukan hal serupa.

India dikabarkan akan melakukan misi pendaratan ke bulan di bulan Juli. Misi yang dinamakan Chandrayaan 2 tersebut memakan biaya mencapai USD 125 juta (Rp 1,8 triliun). Jika misi ini berhasil maka India akan menjadi negara keempat yang berhasil mendarat ke bulan setelah negara Rusia, Amerika Serikat, dan China.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

245 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Code ERROR 404 18 October 2019 | 19:44:48

buat apa melakukan hal bodoh seperti ini

Satria Kelana 17 October 2019 | 20:31:35

mantap ya sekarang semua maju semua kita juga ya

Riyan Kurniawan 14 October 2019 | 07:05:38

buat apa melakukan hal bodoh seperti ini

Miskin aman 11 October 2019 | 15:04:14

mungkin ingin menyusul roket yang sebelumnya sudah mendarat

DimasHardstyle 10 October 2019 | 17:37:48

apakah orang india gak mikirkan kapling surga yaaa haduh haduhhh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top