Duh! 9 Juta Pengguna Terkecoh Aplikasi Android Palsu

11 January 2019 by
Duh! 9 Juta Pengguna Terkecoh Aplikasi Android Palsu

Trend Micro, perusahaan perangkat lunak asal Jepang, merilis laporan mengenai serangan adware. Menurut mereka, lebih dari sembilan juta pengguna Android terkecoh oleh 85 aplikasi Android palsu yang ada di Google Play Store.

Menurut TechCrunch, seperti dikutip Telset.id pada Kamis (10/01/2019), aplikasi tersebut tak memberi pelayanan apapun kepaada pengguna, selain hanya memunculkan iklan-iklan mengganggu. Mereka masuk dalam kategori aplikasi permainan, TV, hingga remot kontrol.

“Adware itu mampu menampilkan iklan layar secara penuh, menyembunyikan diri, memantau fungsi pembukaan kunci layar perangkat, sampai berjalan di latar belakang perangkat seluler,” tulis Ecular Xu.

{Baca juga: Hati-hati! Hacker Tipu Pengguna Smartphone Pakai E-mail}

Ia melanjutkan, seusai data, Remote Universal TV Remote merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna Android. Angkanya mencapai lima juta unduhan. Aplikasi itu mengklaim bisa membantu mengontrol TV via ponsel.

Xu mengimbuhkan, aplikasi-aplikasi palsu tersebut memiliki kebiasaan dan kode yang sama meski dibuat oleh pengembang berbeda. Setelah adware diunduh dan diluncurkan di perangkat seluler, sebuah iklan layar penuh mulai muncul.

Aplikasi Android Palsu

Setelah menutup iklan pertama, tombol ajakan seperti “mulai”, “buka aplikasi,” atau “berikutnya,” serta iklan spanduk akan muncul di layar smartphone. Jika pengguna mengetuk tombol, adware akan menampilkan iklan layar penuh yang lainnya.

{Baca juga: Google Hapus 22 Aplikasi Malware dari Play Store, Ini Daftarnya}

Setelah pengguna keluar dari iklan layar penuh, muncul lebih banyak tombol yang menyediakan opsi terkait aplikasi. Adware itu juga meminta kepada pengguna untuk memberikan peringkat bintang lima untuk aplikasi di Google Play Store. (SN/FHP)

Artikel Duh! 9 Juta Pengguna Terkecoh Aplikasi Android Palsu dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2692 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rusmawan IM 21 January 2019 | 11:16:32

masih saja ada orang yang mengucapkan

Fajrina Alghadri 21 January 2019 | 10:55:15

aku pernah nih ketipu aplikasi begitu , tapi untung aman-aman aja sih

Hairullah Ahmad 21 January 2019 | 08:11:09

ya jangan sampai terkecoh ya hahahaha

Eko Purwanto 21 January 2019 | 07:17:22

hati-hati sekarang banyak HP Android palsu

Jundi F. 21 January 2019 | 07:13:51

ya jangan sampai terkecohlah ya gh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top