Film Animasi Pendek Google Masuk 10 Besar Oscar, ini Curhatan Animatornya

03 January 2019 by
Film Animasi Pendek Google Masuk 10 Besar Oscar, ini Curhatan Animatornya

 

Uzone.id -- Siapa bilang perusahaan teknologi nggak bisa berkarya di bidang lain seperti film? Melalui platform mobile Google Spotlight Stories, ada karya film animasi pendek yang disutradarai oleh animator John Kahrs. Film ini telah tercatat masuk 10 besar kandidat nominasi Oscar.

Judulnya ‘Age of Sail’. Film animasi pendek ini durasinya hanya 12 menit. Berhasil lolos ke 10 besar kandidat penghargaan Academy Awards dari 81 film dari seluruh dunia, ‘Age of Sail’ memiliki cerita unik dan tentunya teknik pembuatan yang hi-tech.

Gimana nggak, film ini dikembangkan agar bisa dinikmati melalui perangkat Virtual Reality (VR). Kebayang ‘kan, penonton bisa tenggelam seperti apa?

('Age of Sail'/Google)

Dengan latar tahun 1990, film ini secara singkat bercerita tentang seorang pelaut tua (suara Ian McShane) yang menyelamatkan seorang perempuan yang jatuh dari kapal pesiar. Sudah pasti animasi yang dibikin penuh dengan gerakan air laut, gelombang, suara di laut lepas, dan lain sebagainya.

Mengutip berbagai sumber, Kahrs membeberkan beberapa hal tentang pembuatan film ini.

“Penggambaran latar cerita di laut lepas benar-benar bisa membawa drama tersendiri. Jadi menurut saya, film ini akan keren jika bisa disaksikan melalui perangkat VR, di mana ombak dan suasana laut bisa terasa nyata,” ucap Kahrs.

Dari situ, Kahrs memelajari hasil karya berbasis VR di Google Spotlight terdahulu seperti ‘Pearl’ dan ‘Duet’. Ngomong-ngomong, Google Spotlight Stories ini adalah salah satu proyek unggulan dari tim Advanced Technology and Projects (ATAP) Google.

Kahrs yang sebelumnya sudah pernah memboyong pulang piala Oscar berkat karya animasi pendek berjudul ‘Paperman’ pada 2012 ini kemudian belajar kreativitas animasi low polygon dan membangun gambar secara real-time. Tak lupa juga tentang sifat dasar cerita khas VR yang bernuansa claustrophobic. Ia mengaku sangat sulit menciptakan gerakan ombak laut agar tampak nyata.

(John Kahrs saat memenangkan Oscar tahun 2012/Foto: Jennifer Gralylock-Filmmagic)

“Semuanya harus berjalan secara real-time, harus pas dan lengkap layaknya bermain video game. Jangan sampai ada momen tersendat. Proses pengembangan animasi ini rasanya seperti menjadi jembatan antara efek computer-generated (CG) dan ilustrasi serta gambar 2 dimensi. Saya berusaha sekuat tenaga agar bisa memadu semua aspek dengan natural,” sambung Kahrs.

Selain persoalan animasi yang tampak nyata, Kahrs sadar dia juga harus membuat cerita mengesankan. Menurutnya, latar di laut lepas membuka kesempatan banyak untuk ruang-ruang kosong di tiap adegan. Maka, dia mengemas dialog padat di dalamnya.

Baca juga: Film 'Marlina' Tak Lolos Nominasi Oscar 2019

Mengutip IndieWire, persoalan dialog Kahrs terinspirasi dari film ‘True Grit’ dan ‘The Karate Kid’, di mana kedua film memiliki cerita tentang dua karakter yang jarak usianya terpaut cukup jauh menjalin persahabatan, di mana karakter yang lebih muda memberi ‘petuah’ kepada karakter tua.

Meski berharap dapat lolos ke 5 besar dan memenangkan Oscar, Kahrs mengaku dengan mendapat nominasi saja sudah menjadi kebanggaan untuknya.

“Saya merasa telah mencoba semua pengetahuan dan aspek dari pembuatan film panjang untuk film pendek satu ini. Sejauh ini, sudah pasti ‘Age of Sail’ menjadi proyek paling ambisius yang pernah saya lakukan,” tutup Kahrs.

Film ‘Age of Sail’ bisa dinikmati di platform Google Spotlight Stories. Aplikasi ini dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple App Store secara gratis.

Untuk hasil maksimal, tentu saja direkomendasikan menggunakan perangkat VR, namun jika ingin menyaksikan dalam versi normal, film ‘Age of Sail’ sudah tayang di YouTube.

Apa Reaksi Anda ?

Love
91%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
9%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2869 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Hanami nila Sakuragi 30 May 2019 | 06:42:57

film Oscar sangat menarik untuk anak-anak Indonesia

Raj Kothrappali 01 April 2019 | 15:12:35

memang hebat banget google bisa bikin animasi yang bisa masuk oscar

Emil Nasir 23 February 2019 | 09:21:33

wah masuk 10beswr ni banga banget lah

Iedach Cweg Chetia 22 February 2019 | 20:35:54

film age of sail kayaknya bagus apalagi masuk 10 besar oscar

Mortar Sf 22 February 2019 | 12:52:15

ada apakah permasalahan yang dihadapi nya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top