Hacker di Surabaya Hanya Butuh 5 Menit untuk Jebol Satu Laman

13 March 2018 by
Hacker di Surabaya Hanya Butuh 5 Menit untuk Jebol Satu Laman

Polisi menangkap tiga kelompok peretas jaringan internasional asal Surabaya, Jawa Timur. Mereka hanya butuh waktu yang singkat untuk 'menjebol' sebuah laman.

"Biasa dalam sekali meretas hanya membutukan waktu lima menit," Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Pasaribu saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/3).

Para pelaku menggunakan metode SQL Injection atau lebih dikenal dengan sebutan coding untuk meretas sebuah laman. Menggunakan coding itu, mereka 'memaksa' masuk ke laman tertentu untuk mengambil data pribadi calon korbannya.

"Mereka masuk ke suatu sistem keamanan lewat jalur belakang bukan dari jalur depan tentu itu harus ada izin dulu dari perusahaan yang bersangkutan," jelas Roberto.

Cara peretasan seperti ini memang sangat berbahaya karena bisa merusak sistem. Tapi, Roberto belum mendapat laporan adanya kerusakan sistem pada situs yang diretas.

"Sampai saat ini belum kita temukan (adanya kerusakan sistem), yang ada baru peretasan sistem di situs pemerintahan, perusahaan telekomukiasi. Untuk bank belum ada," papar Roberto.

Sebelumnya, polisi menangkap tiga anggota kelompok peretas jaringan internasional bernama Surabaya Black Hat (SBH) di Surabaya. Ketiga anggota yang ditangkap, yakni KPS, NA, dan ATP. 

Tersangka yang masih berstatus mahasiswa di universitas di Surabaya itu ditangkap karena meretas laman tertentu untuk mencuri data pribadi calon korban. Bahkan mereka pernah meretas lama milik pemerintahan Amerika Serikat. 

Setelah mendapat data yang diinginkan, pelaku menghubungi korban dan mengancam akan menyebarkan data pribadi mereka. Sebagai gantinya, pelaku meminta sejumlah uang kepada korban. Mereka menggunakan PayPal dan Bitcoin sebagai wadah mengumpulkan uang hasil pemerasan itu.

Apa Reaksi Anda ?

Love
83%

Suka

Laugh
17%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
112 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Alfian Romadona 09 December 2018 | 14:22:19

hebat banget nih orang

Reza Mahendra 01 December 2018 | 16:29:15

karna mungkin keamanan yang ada terlalu lemah untuk di bobol

Armada Band 24 November 2018 | 06:47:10

sangat profesional sekali dia hebat

Halloween Kill Day's 23 November 2018 | 21:40:17

sangat profesional sekali dia hebat

Eza Azki 03 November 2018 | 02:34:36

coba kalo hacker diindonesia tidak dipenjarakan tetapi di rekrut saja untuk menjadi keamanan cyber kedepannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top