Hati-hati! Aplikasi Ini Bisa Curi Riwayat Browsing Anda

10 September 2018 by
Hati-hati! Aplikasi Ini Bisa Curi Riwayat Browsing Anda

Para pengguna perangkat macOS perlu waspada dengan aplikasi yang didistribusikan oleh developer “Trend Micro, Inc.”. Sebab, aplikasi buatannya seperti Dr. Unarchiver, Dr. Cleaner, dan lainnya diketahui mampu curi riwayat browsing pengguna dan mengunggahnya ke server analitik mereka.

Masalah ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna di forum Malwarebytes yang ditindaklanjuti oleh para peneliti keamanan. Dilansir dari 9to5Mac, Senin (10/09/2018), aplikasi Dr. Unarchiver di Mac App Store, ternyata mampu mengumpulkan history browsing pengguna dan menyimpannya di server mereka.

Tak hanya history pada browser Safari, aplikasi tersebut mampu mengumpulkan data dari browser lainnya seperti Google Chrome hingga Firefox. Bahayanya lagi, aplikasi ini juga dapat mengambil berbagai informasi dari aplikasi lain yang di-install pada Mac pengguna.

Baca Juga: Awas! 145 Aplikasi di Google Play Terinfeksi Malware

Semua informasi penting itu nantinya akan dikumpulkan dalam satu file berjenis Zip. Kemudian, aplikasi secara otomatis langsung mengunggah data hasil kumpulannya ke server analitik milik developer.

Cara kerja aplikasi untuk mengumpulkan data penting pengguna cukup pintar dan nyaris tak terdeteksi oleh penggunanya. Ketika pengguna menekan tombol Scan, aplikasi langsung mendapatkan akses ke home directory Mac yang diperlukan untuk mendapatkan history browsing pengguna.

Baca Juga: Waspada! Malware Ini Bisa Kontrol Penuh Smartphone Android

Selagi pengguna melihat proses pemindaian di bagian depan aplikasi, di bagian belakang atau back-end, aplikasi tersebut sedang mengumpulkan data pribadi pengguna dan mengunggahnya ke server mereka.

Baca Juga: Ribuan Smartphone Android Sudah Dipasang Malware Prainstall

Untungnya, Apple telah mengetahui pelanggaran privasi yang dilakukan aplikasi Dr. Unarchiver dan langsung menghapusnya dari Mac App Store. Bagi Anda yang tak ingin data pribadinya dikumpulkan dan diunggah ke server luar, sebaiknya hati-hati ketika memberikan izin kepada aplikasi untuk dapat mengakses direktori penyimpanan Anda. (FHP)

Artikel Hati-hati! Aplikasi Ini Bisa Curi Riwayat Browsing Anda dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
59%

Suka

Laugh
7%

Lucu

Surprised
24%

Kaget

Sad
10%

Sedih

Angry
0%

Marah

1135 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Badawy Day 17 March 2019 | 04:37:08

jepang canggih banget teknologinya luar biasa

si ronny 16 March 2019 | 13:55:23

untung saya gak punya iphone

DoelTM aziz 16 March 2019 | 08:07:59

wah untung i phone saya mati

Danik Saputro 14 March 2019 | 12:37:05

wah untung saya nggak makai perangkat iphone ini

ade chaiya 03 March 2019 | 13:34:07

terima kasih info nya, saya akan mengingatnya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top