IdeaFest x The NextDev 2018 Dukung Pegiat Industri Kreatif Indonesia

19 November 2018 by
IdeaFest x The NextDev 2018 Dukung Pegiat Industri Kreatif Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kreatif telah membawa angin segar bagi perekonomian di Indonesia. Untuk mendukung terus berkembangnya industri ini, Telkomsel kembali menggelar program yang telah berjalan sejak tahun 2015 lalu, yaitu The NextDev - sebuah ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. 

The NextDev tahun ini juga terasa sangat berbeda karena tahun ini, Telkomsel bekerja sama dengan IdeaFest, sebuah festival kreatif tahunan yang telah reguler diselenggarakan di Indonesia, untuk penyelenggaraan The NextDev 2018. Kolaborasi ini membuat para peserta The NextDev dapat menimba ilmu dari para pelaku kreatif lintas industri skala nasional dan internasional.

Acara yang digelar pada 26 dan 27 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) ini memang lebih istimewa dibandingkan gelaran-gelaran The NextDev sebelumnya. Kolaborasi dengan IdeaFest diharapkan dapat membawa semangat perubahan dan memberikan inspirasi kepada generasi kreatif di Indonesia termasuk startup-startup dari The NextDev Talent Scouting yang disajikan dalam bentuk idea pitching, dan startup-startup dari The NextDev Academy yang disajikan dalam bentuk mini-talkshow sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia 

"The NextDev mengajak generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya, terutama dengan memanfaatkan teknologi secara optimal sehingga dapat mendukung pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif, agar semakin merata hingga ke seluruh penjuru tanah air," kata Denny Abidin, General Manager External Corporate Communications Telkomsel. 

Sementara itu, tema IdeaFest tahun ini juga sejalan dengan misi The NextDev dari Telkomsel sebagai Presenting Partner IdeaFest, yaitu making social impact through technology dengan prinsip youth empowerment. Inilah yang melandasi kolaborasi apik antara The NextDev dan IdeaFest, bahwa industri kreatif bisa lahir dari berbagai industri, bukan hanya dari para kreator, pebisnis tapi juga dari industri teknologi. 

"Di NextDev, kami percaya bahwa generasi muda yang memiliki semangat creative (passion) untuk menyelesaikan challenge yang ditemui masyarakat indonesia (purpose), sehingga dapat menghasilkan change berupa dampak sosial positif," ujar Denny. 

Denny juga berharap tema "Passion + Purpose = Social Impact" yang diusung The NextDev kali ini dapat mewadahi generasi muda Indonesia untuk berkolaborasi dan berkarya, membawa semangat perubahan dan perkembangan teknologi lebih luas lagi, serta meratakan pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif ke seluruh penjuru tanah air. 

Supaya misi dari tema tersebut tepat sasaran, Telkomsel juga menyediakan sebuah area bertajuk Telkomsel Experience Zone. Di tempat ini, startup-startup dari The NextDev 2017 hadir untuk berbagai ilmu serta pengalaman mereka di sharing session. Area ini juga menampilkan layanan-layanan futuristik Telkomsel yang mendukung transformasi digital Indonesia menuju revolusi industri impian. 

Menariknya lagi, Telkomsel Experience Zone juga dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo, yang berkesempatan hadir untuk meresmikan pembukaan IdeaFest x The NextDev 2018. 

Telkomsel Menjembatani Para Penggagas Startup, Kreator, dan Insan Kreatif Indonesia.

Untuk memilih pemenang The NextDev 2018 ini, Telkomsel telah menggelar pitching untuk mencari kandidat The NextDev Talent Scouting di tujuh kota, yakni Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta. 

Dalam sesi pitching tersebut, para peserta harus mempresentasikan aplikasi digital karya mereka yang bisa memberikan dampak sosial yang positif untuk masyarakat Indonesia. Peserta yang berhasil menampilkan karya terbaik dan memiliki dampak positif yang besar kemudian dipilih sebagai pemenang Talent Scouting The NextDev 2018. Puncak acara IdeaFest pun dimanfaatkan Telkomsel untuk mengumumkan tiga peserta terbaik dari 25 startup terbaik dari seluruh penjuru Indonesia. 

Tiga pemenang The NextDev 2018, yaitu Fishgo, Garda Pangan, dan Hello Beauty, berhasil menciptakan aplikasi digital yang inovatif guna membangun ekosistem digital di Indonesia yang salah satu komponen utamanya adalah kehadiran berbagai aplikasi berkualitas ciptaan anak bangsa, 100% produk Indonesia. Oleh karena itu, IdeaFest x The NextDEV 2018 ini diharapkan menjadi loncatan Telkomsel untuk dapat merangkul lebih banyak aplikasi atau platform lokal yang bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia di ajang The NextDev berikutnya.  

Selain mendapatkan hadiah utama berupa Seed Fund, Mentoring, Knowledge, Marketing, Media Publication, sebagai penyelenggara Telkomsel juga membuka pintu bagi para penggagas startup, kreator, dan insan kreatif Indonesia untuk mewakili Indonesia dalam Future Makers in Asian Pasific Investment Summit. 

Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Telkomsel.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
934 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Double G 13 December 2018 | 19:55:57

bagus sih kalau kayak gini lanjutkan

Yuyun Apprilia 13 December 2018 | 16:22:45

aku juga mau duking support aja ya aku gak

Rengat 13 December 2018 | 16:11:09

memang harus didukung supaya bisa lebih maju

Teknologi Gadget 13 December 2018 | 13:42:19

saya juga mendukung industri kreatif Indonesia

mr joens 13 December 2018 | 12:58:57

rolong dong telkomsel jangan mahal mahal

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top