Ilmuwan Israel Ubah Tinja Jadi Bahan Bakar Mirip Arang

19 November 2018 by
Ilmuwan Israel Ubah Tinja Jadi Bahan Bakar Mirip Arang

Untuk pertama kalinya, sekelompok peneliti dari Ben Gurion University (BGU) di Israel menemukan teknik baru dalam mengolah dan mengubah tinja manusia menjadi hydrochar dan pupuk kaya nutrisi. Hydrochar sendiri adalah bahan bakar alami yang mirip arang.

Newsweek melaporkan proses ini memiliki potensi untuk mengatasi dua masalah utama yang banyak terjadi di negara miskin: sanitasi yang buruk dan kebutuhan energi yang semakin meningkat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada 2,3 miliar orang di dunia tidak memiliki akses ke sanitasi yang bersih. Beberapa di antaranya, sekitar 892 juta orang, masih buang air besar di alam terbuka.

"Kotoran manusia dianggap berbahaya karena potensi mereka untuk menyebarkan penyakit," kata Amit Gross, ilmuwan dalam riset.

"Meski kaya akan nutrisi bahan organik, seperti nitrogen, fosfor, dan potasium, kotoran manusia juga mengandung mikropolutan dari obat-obatan, yang bisa menyebabkan masalah lingkungan jika tidak dibuang atau ditangani dengan tepat."

Selain itu, kelangkaan energi juga merupakan salah satu masalah di daerah tertinggal. Kurang lebih ada 2 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan kayu untuk dijadikan arang dan dipakai untuk memasak atau menghangatkan diri.

Namun, praktik tersebut memiliki dampak signifikan pada lingkungan, menyebabkan polusi udara, emisi gas rumah kaca, penggundulan hutan, dan erosi tanah.

"Dengan menangani kotoran manusia dengan tepat, kita bisa mengatasi kedua isu tersebut dalam waktu bersamaan," tambah Gross.

Riset ini telah dipublikasikan di Journal of Cleaner Production. Para ilmuwan menyebut tekniknya ini dengan nama hydrothermal carbonization.

Jadi, mereka memanaskan kotoran manusia di sebuah alat bertekanan tinggi dengan tiga temperatur berbeda, 180, 210, dan 240 derajat Celcius, dalam periode waktu 30, 60, atau 120 menit.

Proses tersebut membuat kotoran manusia mengering dan menjadi steril, hingga terbentuk sebuah benda padat mirip arang yang dinamai hydrochar. Menurut peneliti, hydrochar bisa dipakai untuk memasak atau pemanas ruangan.

Tertarik mencobanya?

Apa Reaksi Anda ?

Love
67%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
33%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

1333 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bian Anto 19 January 2019 | 02:55:44

pemikiran tsb timbul karena kelangkaan suatu produk

Yogikagure 17 January 2019 | 20:53:21

hebat ya mereka bisa mengolah kotoran manusia

Pahmi Hakim 15 January 2019 | 22:09:13

solusi bahasa bakar yang murah nih terus kan kretifas mu

horse smart 14 January 2019 | 13:53:01

solusi bahasa bakar yg murah nih terus kan kreatifas mu

Koko Now 14 January 2019 | 06:26:10

pengetahuan sperti yg perlu dikemabanagakan gan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top