Jangan Asal Ganti Nomor WhatsApp! Bisa-bisa Kejadian Ini Menimpa Kamu Lho

17 February 2019 by
Jangan Asal Ganti Nomor WhatsApp! Bisa-bisa Kejadian Ini Menimpa Kamu Lho

Walaupun saat ini aplikasi WhatsApp sudah mempunyai fitur enkripsi pesan, WhatsApp belum sepenuhnya aman. Kali ini telah ditemukan celah sistem yang membuat pesan pribadi bisa nyasar dan diterima oleh pengguna lain.

Celah tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna WhatsApp, Abby Fuller. Ia membagikan keluhannya ini melalui cuitan di media sosial Twitter. Abby mengatakan bahwa ketika ia sedang menyetel WhatsApp dengan nomor baru, tiba-tiba ada sebuah pesan masuk.

Pesan tersebut merupakan pesan yang langsung masuk, bukan pesan pulihan dari backup. Pesan tersebut, ternyata dimaksudkan untuk pengguna nomor sebelumnya. Adapun sebuah nomor ponsel ketika sudah tidak aktif akan didaur ulang oleh prosuden yang bersangkutan dan akan dijual lagi dalam waktu tertentu.

Abby langsung merasa sesuatu yang tidak beres ketika ia masuk ke aplikasi WhatsApp dengan nomor telepon baru dan ia justru mendapatkan riwayat pesan dari pemilik nomor yang lama. Abby pun khawatir jika pemilik baru dari nomornya yang lama juga bisa membaca pesan miliknya.

Kicauan Abby ini langsung mendapatkan banyak tanggapan dari warganet Twitter. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa mereka pun pernah mengalami hal yang sama seperti Abby.

nomor whatsapp
www.idownloadblog.com

Salah satu warganet mengatakan bahwa kemungkinan hal semacam ini terjadi ketika pesan tersebut terkirim ketika nomor yang sekarang dipakai Abby tidak lagi dipakai oleh pemilik sebelumnya sehingga status pengiriman pesannya tertunda (centang satu).

Pesan-pesan yang tertunda ini kemudian langsung diteruskan oleh server WhatsApp setelah nomor tersebut aktif kembali saat digunakan oleh Abby.

Dilansir oleh Kompas.com, Jumat (18/1), WhatsApp sebenarnya sudah mempunyai aturan khusus untuk nomor telepon yang sudah tidak aktif. WhatsApp bisa menghapus riwayat pesan dari pengguna yang tidak aktif selama 45 hari.

Abby mengaku bahwa nomor baru ini sudah ia miliki dan gunakan selama lebih dari 45 hari. Mengacu pada peraturan WhatsApp, seharusnya semua riwayat pesan dari pemilik lama sudah dihapus dan tidak lagi masuk ke nomor yang Abby gunakan saat ini.

WhatsApp sendiri dalam laman FAQ resminya menyarankan agar pengguna segera memindahkan akunnya ke nomor baru, sebelum ia berganti nomor.

nomor whatsapp
www.kaspersky.com

“Before you stop using a particular phone numbeer, you should migrate your WhatsApp account to the new number,” tulis WhatsApp dalam laman FAQ. Nyatanya, tidak semua pengguna memahami himbauan dari WhatsApp ini.

WhatsApp juga tidak hanya bergantung pada inisiatif pengguna untuk memindahkan akunnya, namun juga melalui upgrade yang dilakukan oleh teman dalam daftar kontak. Ketika seorang teman mengganti nomor, maka nomor tersebut harus segera untuk dihapus dari daftar kontak.

“Ketika temanmu mengganti nomor ponsel, kamu harus menghapus nomor tersebut dari daftar kontak. Dikhawatirkan kamu tidak mengetahui bahwa nomor tersebut ternyata sudah dipakai oleh pengguna yang baru,” tulis WhatsApp.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2613 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Radtya 25 August 2019 | 13:15:27

nggak narik sama sekali sih Kalau

Lingga Seasfourjiel 10 June 2019 | 09:34:48

informasinya sangat bermanfaat fan juga berguna

Affan Fauzi 27 May 2019 | 06:27:02

informasi yg sangat berguna sekali

Armada Band 24 May 2019 | 06:45:09

informasinya sangat bermanfaat dan juga berguna

Axis Dihati 24 May 2019 | 03:28:55

Terima kasih atas informasinya sangat berguna betull sekali memang begitu adanya entahlah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top