Home
/
News

Jawaban Telkom Soal Blokir Netflix

Jawaban Telkom Soal Blokir Netflix
Ari Setiyawan28 January 2016
Bagikan :
Telkom raksasa digital Indonesia membuat keputusan yang mengejutkan para pengguna layanan Internet, pasalnya kemarin 27 Januari 2016 Telkom memblokir layanan video streaming asal Amerika Serikat Netflix yang sedang mencari tempat di hati para penikmat video streaming di Indonesia.

Mulai tanggal 27 Januari pukul 00:00 Wib, para pengguna layanan telkom tidak bisa lagi menikmati layanan Netflix. Telkom Grup yang meliputi Indihome, WiFi.id dan Telkomsel serentak memblokir Netflix.

Menurut sumber UZone dengan tegas, CEO Telkom Group Alex J Sinaga di Jakarta, Rabu (27/1) mengatakan "Kita blokir Netflix karena ingin melindungi konsumen."

Menurutnya, konten yang beredar di Netflix banyak berisikan film-film yang belum disensor oleh Lembaga Sensor Film sesuai Undang-undang 33/2009 tentang Perfiliman.

"Kami Telkom Group proaaktif memblokir netflix sampai mereka memenuhi regulasi dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia," pungkasnya.

“Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia. Di luar negeri mereka (Netflix) lakukan kerjasama dengan beberapa operator, masa di sini tidak? Padahal, jika kerjasama dengan operator lokal banyak manfaat didapatkan kedua belah pihak,” jelasnya.

Jalan Netflix melebarkan sayap ttidak selalu mulus, sebelumnya Netflix juga pernah bermasalah di beberapa negara. Seperti Singapura dan Italia pernah memblokir Netflix yang berakhir dengan kerjasama operator setempat.

Seperti halnya Indonesia, Vietnam sedang mengkaji dan akan melakukan pemblokiran oleh regulator setempat dengan syarat konten yang dijual sesuai dengan aturan di Vietnam.

 
populerRelated Article