Kabar Jack Ma Akan Pensiun dari Alibaba Dibantah

09 September 2018 by
Kabar Jack Ma Akan Pensiun dari Alibaba Dibantah

Pendiri dan pemimpin eksekutif Alibaba, Jack Ma, akan mengumumkan rencana suksesi pada Senin (10/9/2018). Kabar ini membantah laporan New York Times sebelumnya yang menyebut bahwa Ma akan pensiun.

Ma, seperti yang diwartakan South China Morning Post (SCMP), Sabtu (8/9/2018), akan mengumumkan strategi suksesi pada Senin besok, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-54. Meski demikian, ia akan tetap menjadi pemimpin eksekutif Alibaba.

SCMP sendiri adalah surat kabar yang dimiliki oleh Alibaba.

Sebelumnya pada Jumat (7/9/2018), New York Times mengabarkan bahwa Ma dalam perayaan ulang tahunnya akan mengumumkan keputusan untuk pensiun.

Dalam berita yang ditulis dari hasil wawancara dengan Jack Ma tersebut juga disebutkan bahwa salah satu orang terkaya di Cina dan dunia itu masih akan duduk dalam dewan direksi Alibaba, tetapi lebih fokus pada kegiatan amal.

Tetapi seorang juru bicara Alibaba mengatakan kepada SCMP bahwa laporan New York Times itu "keluar dari konteks dan salah".

"Seorang juru bicara Alibaba mengatakan Ma akan tetap menjabat sebagai pemimpin eksekutif perusahaan dan akan menyusun rencana transisi untuk jangka waktu tertentu," tulis SCMP.

Lebih lanjut SCMP menulis bahwa strategi suksesi yang akan diumumkan Jack Ma adalah bagian dari rencana "untuk mempersiapkan sebuah generasi pemimpin muda untuk mengambil alih" tampuk kepemimpinan perusahaan.

Ma sebenarnya telah mundur dari jabatan chief executive office (CEO) Alibaba pada 2013 lalu. Meski demikian ia tetap menjadi figur utama di perusahaan tersebut.

Dalam wawancara dengan Bloomberg TV yang disiarkan pada Jumat lalu, MA memang berbicara soal rencana pensiun. Ia mengatakan akan mengikuti jejak pendiri Microsoft, Bill Gates yang kini aktif dalam program-program amal.

"Banyak hal yang bisa saya pelajari dari Bill Gates. Saya tak bisa sekaya dia, tetapi saya bisa pensiun lebih cepat dari dia," kata Jack Ma.

Bekerja sebagai guru bahasa Inggris sebelum mendirikan Alibaba pada 1999, Ma merupakan salah satu tokoh yang paling banyak dipuja di Cina bahkan dunia.

Menurut data Bloomberg Billionaires Index, Jack Ma pada 2018 memiliki kekayaan senilai 39,9 miliar dolar AS dan menduduki urutan 19 dalam daftar orang terkaya dunia pada 2018. Alibaba sendiri kini, per Jumat kemarin, diperkirakan memiliki nilai sekitar 420,8 miliar dolar AS.

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
67%

Suka

Laugh
33%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

356 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mortar Sf 26 January 2019 | 07:44:36

semoga permasalahan cepat terselesaikan

arman ashari 29 December 2018 | 12:22:40

wah banyak juga yah nih yah isu isunya itu

Marianty 84 19 November 2018 | 15:56:11

jadi yang benar yang mana ni jadi bingung

Hendrii Ardiansyah 16 November 2018 | 01:26:29

jangan pensi dululah belum terlalu tua juga

Gemirun Mirun 14 November 2018 | 09:46:16

kenapa harus pensiun, nanti saham akan berkurang...

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top