home ×
Technology

Kemkominfo: Blokir Internet Papua Dibuka Bertahap

05 September 2019 By
Kemkominfo: Blokir Internet Papua Dibuka Bertahap
Republika

Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kemenkominfo) menyatakan, pemerintah akan membuka pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat secara bertahap. Hal itu setelah berkoordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan yang mempertimbangkan sejumlah keadan berangsur pulih.

"Pemerintah secara bertahap mulai membuka blokir atas layanan data internet di wilayah Papua dan Papua Barat," ujar Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan pers, Rabu (4/9) malam.

Pembukaan blokir atas layanan data internet dilakukan di 19 babupaten di Provinsi Papua. Diantaranya Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen, dan Kabupaten Sarmi.

Untuk 10 kabupaten lainnya di Provinsi Papua yakni Kabupaten Mimika, Paniai, Deiyai, Dogiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, Yahukimo dan Nabire. Wilayah-wilayah itu terus dipantau situasinya dalam satua atau 2 dua hari ke depan.

Pembukaan kembali blokir atas layanan data di sejumlah besar wilayah Papua dan Papua Barat dilakukan setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum atau keamanan. Setelah mempertimbangkan situasi keamanan di wilayah-wilayah tersebut sudah pulih atau normal.

"Serta mempertimbangkan sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua sudah mulai menurun," jelas Ferdinandus.

Ia mengatakan, pemerintah kembali mengimbau semua warga untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi. Apalagi melalui media apapun termasuk media sosial, agar proses pemulihan kembali seluruh wilayah Papua dan Papua Barat cepat berlangsung.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

282 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ALI YUSUF 20 January 2020 | 16:51:31

memang harus bertahap agar tetap aman

transboy5 21 October 2019 | 18:14:26

saya yakin kalau kerusuhan di papua sudah mereda pasti itu pemblokiran internet akan dicabut

DimasHardstyle 09 October 2019 | 11:33:40

pasti dibuka ketika kerusuhan yang melanda papua sudah reda atau kembali

Wijanarko 08 October 2019 | 12:17:51

pelan pelan sajalah nantu akan normal

archan somchart 08 October 2019 | 09:34:30

pasti dibuka ketika kerusuhan yang melanda papua sudah reda atau kembali normal

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article