Komparasi Jeep Rubicon vs BAIC BJ40, Perang Amerika - China!
Uzone.id - Jeep Rubicon maupun BAIC BJ-40 sejatinya adalah saudara jauh. Namun di Tanah Air, keduanya akan saling bersaing.
Jeep berusaha mempertahankan kedigdayaan mobil Amerika yang superior, sementara BAIC coba menawarkan alternatif kalau 'mobil petarung' gak harus semahal mobil Amerika.Jeep Rubicon ditawarkan dalam dua opsi wheelbase, namun versi longwheel base yang akan kita gunakan sebagai perbandingan.
Jeep Rubicon punya dimensi panjang 4.785 mm, lebar 1.877 mm, tinggi 1.801 mm serta wheelbase 3.007 mm.
Sementara BAIC BJ40 Plus memiliki dimensi panjang 4.645 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.871 mm dan wheelbase 2.745 mm.
Dari sisi spesifikasi mesin keduanya dibekali dengan mesin 2.0 liter turbocharged. Untuk Jeep Rubicon, tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 270 hp dan torsi 400 Nm.
Kinerja ini disalurkan melalui transmisi matik Torqueflite 850RE 8 percepatan dan tranfercase 2 speed part-time dengan low gear.
Lalu ketika dihadapkan pada kedua mobil ini, siapakah yang unggul? Atau sudah layak kah BAIC BJ-40 untuk menandingi Jeep Rubicon yang ikonik?
Uniknya, Jeep mempertahankan konstruksi kaki-kaki solid axle pada mobil ini. Sektor ini justru salah satu keunggulan yang menjadikan Wrangler mobil yang mudah dimodifikasi.
Sedangkan untuk BAIC BJ40 Plus juga dibekali dengan mesin 2.0 turbocharged dengan output 221 hp dan torsi 380 Nm. Bersanding dengan transmisi matik 8 percepatan hanya saja lansiran ZF yang dilengkapi dengan transfercase 2 speed part-time dengan opsi low gear.
Perbedaan signifikan terdapat pada suspensi depan yang sudah mengadopsi independent front suspension (IFS). Di atas kertas, mobil asal China ini punya pengendalian yang lebih nyaman dari rival Amerikanya.