Korut Rilis “Smartphone Khusus”, Tanpa Internet dan Fitur Terbatas

30 June 2019 by
Korut Rilis “Smartphone Khusus”, Tanpa Internet dan Fitur Terbatas

Korea Utara merilis smartphone khusus yang ditujukan bagi warganya. Berbeda dengan smartphone pada umumnya, smartphone Korea Utara bernama Pyongyang 2425 ini tidak dapat digunakan untuk mengakses informasi apapun tentang dunia luar.

Korea Utara memberikan banyak pembatasan fitur pada Pyongyang 2425. Seperti tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi sembarangan, tidak bisa membuka foto dan ringtone sembarangan, dan lainnya.

Smartphone ini hanya dapat terhubung ke internet via jaringan bernama “Mirae” yang dikelola langsung oleh pemerintah Kim Jong-un. Mirae adalah jaringan intranet yang menjadi sarana Korea Utara untuk menyebarkan propaganda.

{Baca juga: Gokil! Korea Utara Diduga Hasilkan Triliunan dari Peretasan}

Dilaporkan oleh The Sun, seperti dilansir Telset.id pada Minggu (30/06/2019), smartphone Korea Utara ini tidak dibuat oleh negara tersebut. Melainkan, dibuat oleh pabrikan asal China.

Smartphone ini diimpor langsung dari China sebagai produk jadi, sebelum akhirnya software khusus dipasangkan di dalamnya.

“Korea Utara memesan smartphone dan mereka akan mengganti software-nya. Meskipun mengubah software dapat menyebabkan beberapa masalah dalam fungsi, terlepas dari jenis perangkat keras yang digunakan, mereka dapat mengubah software setelah mengimpornya,” jelas sumber anonim saat diwawancara Daily NK.

Bagaimana spesifikasi dan fiturnya? Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core, layar touchscreen yang halus perpindahannya, fitur face recognition dengan kamera infrared untuk sistem keamanan, hingga aplikasi-aplikasi khusus.

{Baca juga: 10 Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia Terlengkap 2019}

Ya, terdapat aplikasi untuk belajar bahasa China dan Inggris, aplikasi ensiklopedia, aplikasi cuaca, aplikasi perpustakaan mirip Apple Books, sampai aplikagi hiburan seperti musik dan game.

Akan tetapi, para pengguna tidak bisa sembarangan memasang aplikasi atau fitur tersebut. Karena keterbatasan kecepatan internet, mereka wajib mengunjungi toko resmi untuk memasang aplikasi atau fitur yang diinginkan.

“Pyongyang 2425 hadir dengan fitur yang disempurnakan, dipuji oleh banyak pelanggan,” klaim salah satu toko resmi di negara tersebut. (FHP)

Sumber: The Sun

Artikel Korut Rilis “Smartphone Khusus”, Tanpa Internet dan Fitur Terbatas dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
100%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

401 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Nurul Alifia Asdar 23 August 2019 | 14:35:39

astaga sama sekali gak bisa hidup di sana

mawar seyna 22 August 2019 | 23:03:53

ya iyalah dari pada ntar cuma buat mainan kan hp nya

Hendi Babau 22 August 2019 | 10:28:39

astaga naga sama sekali gak bisa hidup disana

Airlangga Danapati 21 August 2019 | 00:55:53

ada projek baru dari pemerintahan korut ternyata

Zone War 06 August 2019 | 11:12:57

lah terus kegunaan nya buat apa kan namanya smartphone

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top