home ×
Technology

Kurang Punya Etika Pers, Influencer dan Youtuber akan Ditertibkan

11 July 2019 By
Kurang Punya Etika Pers, Influencer dan Youtuber akan Ditertibkan
Telset

Pemerintah Denmark berencana memberlakukan aturan tegas bagi semua influencer dan Youtuber Mereka ingin influencer memiliki standar editorial serta paham etika pers dalam mengunggah apapun di media sosial.

Langkah pemerintah Denmark tersebut merupakan respons atas sikap sembrono yang dilakukan oleh seorang influencer bernama Fie Laursen. Pemilik lebih dari 336 ribu pengikut itu mengunggah catatan rencana bunuh diri di Instagram.

Unggahan Laursen di Instagram sempat membuat heboh dan panen kritikan. Dua hari kemudian, keluarga Laursen menghapus catatan tersebut. Mereka sekaligus menyampaikan kabar bahwa Laursen dirawat intensif di rumah sakit.

{Baca juga: Parah Banget! Influencer Ini Rusak Patung Berusia 200 Tahun}

Menteri Anak dan Pendidikan Denmark, Pernille Rosenkrantz-Theil, menjelaskan, seorang influencer selayaknya punya rasa tanggung jawab terhadap konten yang diunggah di media sosial. Sebab, konten itu bakal diakses oleh publik.

“Setiap influencer harus punya standar editorial sesuai peraturan pers. Mereka harus seperti jurnalis koran atau media lain. Karenanya, kami akan menerapkan standar pers untuk semua konten media sosial,” terangnya dilansir BBC.

Ia melanjutkan, apabila nanti kebijakan sudah diberlakukan, kala seorang influencer ternyata melakukan pelanggaran, unggahan bakal dihapus. Tak cukup, influencer dengan jumlah pengikut banyak wajib punya administrator sebagai pengendali.

Seorang blogger kondang asal Denmark, Sarah Louise Christiansen, mengatakan, seorang influencer belum masuk sebagai pekerjaan. Karenanya, ia meminta kepada regulator agar menetapkan influencer sebagai pekerja formal.

Kelakuan para influencer dan juga Youtuber memang sedang menjadi sorotan karena aksi-aksi kontroversial mereka di media sosial. Terkadang hanya demi konten dan menjadi populer, mereka melakukan aksi-aksi konyol yang membuat banyak orang kesal.

Beberapa waktu lalu Influencer Instagram, Julia Slonska menjadi bulan-bulanan warganet gara-gara melakukan aksi kontroversial. Ia merusak sebuah patung berusia 200 tahun di Polandia demi meraup banyak pengikut di Instagram.

Ia merekam aksi tersebut dalam bentuk video berdurasi enam detik. Patung yang dirusaknya adalah merupakan simbol malaikat di Taman Lembah Swiss, Warsawa, yang merupakan peninggalan langka berumur 200 tahun.

Dalam video yang diunggah di YouTube, terdengar suara tawa dari balik layar kamera saat Julia Slonska merusak hidung patung menggunakan palu. Bisa jadi, suara itu berasal dari si perekam video yang merupakan teman-temannya.

{Baca juga: Viral! Influencer Instagram Lempar Kursi dari Lantai 45 Apartemen}

Tak lama berselang, rekaman kontroversi yang sudah dilihat lebih dari 5.000 kali tersebut dihapus. Meski demikian, screenshot dari video perusakan itu sudah tersebar luas melalui media sosial.

Sebelumnya juga Marcella Zoia, yang mengaku sebagai influencer Instagram, membuat netizen geram. Ia mengunggah video melempar kursi dari jendela di lantai 45 apartemen sewaannya di Toronto, Amerika Serikat. Akibat tindakan tak beretika itu, ia berurusan dengan aparat kepolisian. [SN/HBS]

Sumber: BBC

Artikel Kurang Punya Etika Pers, Influencer dan Youtuber akan Ditertibkan dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

282 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Code ERROR 404 11 October 2019 | 22:37:16

nyimak saja deh jadi serba salah

DimasHardstyle 09 October 2019 | 16:30:31

biar punya aturan gak seenaknya sendiri lahh makanya gitu

bamz winarco 20 September 2019 | 14:11:24

biar pubya aturan gak seenaknya sebdiri

Mas ruri 20 September 2019 | 11:29:34

sering terjadi tidak ada etika sopan nya

Tria A 18 September 2019 | 16:54:14

wah bagus deh jika mau diyertipkan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article