home ×
Technology

Cara Mengakses iCloud dari Perangkat Android

05 October 2019 By
Cara Mengakses iCloud dari Perangkat Android
Suara

Apple iCloud mencakup serangkaian layanan online, termasuk email, kalender, penyimpanan cloud, dan foto. Saat pengguna mengatur iPhone atau iPad, akan ada permintaan untuk mengatur akun iCloud dan mencadangkan data ponsel ke sana. Jika sudah melakukannya, pengguna bisa mengakses data dengan masuk ke akun iCloud di komputer, smartphone, atau tablet.

Ragam ponsel pintar (smartphone). (Shutterstock)
Ragam ponsel pintar. Sebagai ilustrasi  (Shutterstock)

Dilansir dari Lifewire, jika pengguna telah beralih dari iPhone ke Android, pengguna tetap bisa mengakses iCloud lewat perangkat Android.

Caranya begini:

1. Mengakses email iCloud
Jika pengguna memiliki alamat email Apple, seperti @mac, @me, atau @icloud, pengguna dapat mengakses pesan di inbox iCloud. Pada smartphone Android, pengguna dapat menggunakan Gmail.

Buka Gmail > pilih tombol Menu di kiri atas > ketuk panah bawah pilihan akun dan ketuk Add Account > Other. Masukkan alamat email iCloud dan password > ketuk Next.

2. Mengakses kalendar dan kontak iCloud di Android
Pengguna harus menggunakan iPhone atau iPad dan komputer untuk mentransfer data. Di iPhone atau iPad, buka Settings > ketuk Your Name > ketuk iCloud > beralih pada Contacts and Calendar.

Di komputer pengguna, buka browser web dan akses www.icloud.com lalu masuk ke akun iCloud. Klik ikon Calendar. Di panel kiri, klik tombol Share Calendar di sebelah kalendar yang ingin pengguna ekspor. Pilih Public Calendar > klik Copy Link > Ok.

Kemudian buka tab atau jendela browser baru dan paste URL yang telah disalin. Ubah webcal di awal URL menjadi http dan tekan Enter. Nantinya akan membuka kotak dialog Save File. Simpan file di folder pilihan.

Setelahnya buka dan masuk ke Google Calendar di browser web. Di panel kiri antarmuka Google Calendar, klik panah menu di sebelah kanan Other Calendar, lalu klik Import Calendar. Pilih file kalender yang diekspor dari iCloud dan pengguna juga dapat memilih kalendar Google tujuan dalam dialog yang sama.

Klik tombol Import untuk mengunggah file. Setelah pengimporan selesai, pengguna dapat melihat entri yang diimpor di antarmuka web Google Calendar dan di perangkat Android. Pengguna dapat mengikuti proses serupa untuk mentransfer kontak dari iPhone ke perangkat Android.

3. Mengakses foto iCloud di Android
Untuk mengakses foto iCloud, pengguna Android harus melakukan usaha ekstra. Jika pengguna memiliki PC Windows, pengguna dapat mengunduh aplikasi iCloud untuk Windows untuk mengunduh foto dan memindahkannya ke perangkat Android.

Opsi lainnya, jika pengguna masih memiliki iPhone, pengguna dapat mengunduh Google Photos dan menyinkronkan semua foto di sana. Sebagai catatan, jika pengguna memilih untuk memindahkan foto menggunakan Google Photos, proses pengunggahan mungkin akan memakan waktu yang cukup lama tergantung dengan jumlah foto yang disimpan.

 

Berita Terkait:

32 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 13 November 2019 | 02:48:31

cara yang bagus dan mudah di pahami nih

pejuang 12 October 2019 | 00:01:23

ini harus diketahui oleh pengguna Apple

Aditya Rizaldi 10 October 2019 | 16:45:41

terima kasih nih ifonya sangat berguna

hendra gunawan 09 October 2019 | 11:17:36

jadi begini cara mengakses iCloud info ini sangat penting buat kita

Riyan Kurniawan 09 October 2019 | 07:54:17

kalo untuk orang yang lagi nyari ini pasti senang kalo buat aku gak terlalu berguna

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article