Laporan dari Singapura: Samsung Pamer 4 TV Layar Jumbo Resolusi 8K

25 March 2019 by
Laporan dari Singapura: Samsung Pamer 4 TV Layar Jumbo Resolusi 8K

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Perusahaan teknologi Samsung kembali menggelar acara Samsung Forum pada Senin (25/3), lokasinya bertempat di Resort World Sentosa, Singapura. Ada beberapa produk canggih nan pintar yang dipamerkan.

Salah satu yang menarik perhatian adalah televisi resolusi 8K yang ukurannya jumbo. Ada empat TV pintar QLED 8K yang diperkenalkan Samsung dengan ukuran beda-beda.

Diberi nama Q900R, ukurannya terdiri dari 65 inci, 75 inci, 82 inci, dan 98 inci.

“Jajaran TV anyar ini adalah TV 8K pertama di dunia. Pertama kali memperkenalkan TV teknologi UHD [Ultra-High Definition) di 2014, pangsa pasar secara global masih sekitar 6 persen. Lalu angka ini kian bertambah mencapai 75 persen di tahun 2019. Pasar TV pintar bertumbuh terus, melalui 8K kami ingin menawarkan resolusi tinggi dengan layar besar agar lebih maksimal,” ujar Simon Sim Regional Head of TV Southeast Asia & Oceania di depan awak media di Resort World Sentosa, Singapura, Senin (25/3).

Baca juga: Akhirnya Samsung Pay Bisa Dipakai di Indonesia

Di dalam TV layar jumbo ini dibekali tingkat cahaya mencapai 5.000 nits, angka yang diklaim setara dengan standar hiburan di Hollywood.

“Di TV 8K Samsung ini juga punya teknologi Direct Full Array yang memancarkan cahaya dari belakang (back light) secara langsung, jadi hasilnya terang dan tajam,” imbuh Ubay Bayanudin sebagai Senior Product Manager Samsung Electronic Indonesia di tempat yang sama.

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

 

TV pintar 8K Samsung ini tentunya sudah terhubung dengan koneksi internet, dilengkapi oleh asisten digital Bixby bawaan Samsung. Bixby bisa membantu pengguna untuk mengoperasikan TV dengan cara mendengarkan berbagai perintah si pengguna seperti menyalakan TV, menyetel program tertentu, sampai mengoperasikan perangkat lain yang berada di satu ekosistem perangkat pintar Samsung.

Baca juga: Mulai Melunak, Apple Sebar iTunes ke Smart TV Samsung

“Selain Bixby, TV 8K kami ini sudah dilengkapi oleh teknologi dari third party seperti iTunes, AirPlay dari Apple, hingga asisten digital Amazon bernama Alexa, dan Google Assistant,” sambung Ubay.

Kenapa tiba-tiba bikin 8K?
Menurut Ubay, semakin ke sini, permintaan dari pasar mengenai TV resolusi tinggi itu semakin banyak.

“Dari UHD, lalu 4K, sekarang 8K akan kita perkenalkan ke publik. Meski kontennya belum ada yang mendukung resolusi ini, tapi TV 8K Samsung sudah dibekali AI Upscaling yang bisa memelajari dan menyesuaikan resolusi. Jadi teknologi ini bisa membaca resolusi di bawahnya agar tampil di TV 8K tetap bagus,” ucap Ubay lagi.

Selain itu, Ubay mengatakan, Samsung melihat bahwa perkembangan TV pintar akan lebih ke arah pixel per inch (ppi) artinya kualitas resolusi gambar harus menyesuaikan ukuran layar TV.

“Jadi agar gambar semakin bagus, tajam, dan gak pecah di layar TV ukuran besar, maka ppi atau resolusi TV itu harus semakin ditingkatkan. Resolusi 8K ini kami yakin bisa berkembang dengan baik di Indonesia,” kata Ubay.

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

106 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Fermen Xis 26 April 2019 | 14:08:54

wadaw, jadi pengen beli deh asik buat nonton bola ni

Handi Setya 04 April 2019 | 14:52:41

sekarang samsung pamerkan 4 tv layar jumbo

Miftah 03 April 2019 | 13:52:31

wah bagus juga ya dan sudah resolusi 8k mantap

Abdul Rohman 31 March 2019 | 15:21:27

salah satu yg menarik adlh tv resolusi 8k yg ukurannya jumbo

tri Shda 31 March 2019 | 13:30:54

bagus juga tuh kerjasama dengan netflix

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top