Telco

Lebaran Bikin Trafik Naik, Telkom Tambah Kapasitas hingga 58,4 Tbps

Vina Insyani
Lebaran Bikin Trafik Naik, Telkom Tambah Kapasitas hingga 58,4 Tbps

Uzone.id — Telkom Group turut melakukan persiapan guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan menjelang Idulfitri (RAFI) 2025/1446H. Persiapan ini dilakukan mulai dengan  penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial. 

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Selasa, (18/03), Telkom memprediksi bahwa pada periode RAFI tahun ini, diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28 persen dari periode sebelumnya. 

Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup akan melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan kapasitas ini akan memberikan kenyamanan baik untuk pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode RAFI 2025.



Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4 juta pelanggan Telkomsel, 9,69 juta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.

Telkom akan melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.

Telkom juga telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah. 

Telkom akan meningkatkan kapasitas jaringannya menjadi 58,4 Tbps untuk memastikan sinyal yang stabil selama periode RAFI 2025. Lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel juga telah diperkuat untuk mendukung peningkatan trafik data yang diperkirakan mencapai 16 persen dibandingkan RAFI sebelumnya atau 13,16 persen dibandingkan hari biasa. 

Total payload diperkirakan mencapai 69,14 PetaBytes pada puncak RAFI 2025 nanti. Selain itu, pelanggan TelkomGroup akan dapat menikmati layanan 5G di 56 kota di seluruh Indonesia.


Demi memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan digitalnya, Telkom melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17 ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal. TelkomGroup juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security pada seluruh sistem.

Selain itu, keandalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan. 

Sebanyak 480 personil posko bertugas 24/7 mulai 26 Maret hingga 8 April 2025 dan melibatkan 9.000 teknisi lapangan yang merupakan kolaborasi terintegrasi TelkomGroup di seluruh Indonesia. Monitoring layanan dilakukan dengan dukungan berbagai aplikasi dan perangkat, serta mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa periode Ramadan dan Idulfitri menjadi momen dengan kebutuhan komunikasi yang sangat tinggi, baik untuk silaturahmi, hiburan digital, transaksi digital bahkan untuk mendukung pekerjaan setelah adanya imbauan working from anywhere (WFA).



“Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjalani momen istimewa ini dengan lancar dan nyaman,” ujarnya.

Telkomsel, yang menjadi salah satu pemain telekomunikasi terbesar di Indonesia turut mendukung kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idulfitri.

“Dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal disertai dengan kemudahan layanan dan promo terbaik bagi pelanggan mobile maupun fixed broadband, kami berupaya memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Ramadan dan Idulfitri,” kata Direktur Utama Telkomsel Nugroho.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya bersama dengan TelkomGroup dan Kementerian BUMN RI berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi masyarakat.

Selain menyiapkan jaringan dan infrastruktur, Telkom juga menghadirkan beragam penawaran menarik yang dirancang khusus bagi pelanggan, seperti  Paket Serba Lima Ribu Sahur, Smartphone Baru Ramadan Ceria (Halo Device Bold Spesial Ramadan), Open Channel IndiHomeTV #SelaluMenemani Ramadan, Paket Dynamic Telkomsel One, Paket Hemat Mudik, Surprise Deal Ramadan, Promo Langganan IndiHome, Promo Paket Youtube Premium, serta berbagai penawaran lainnya.

TelkomGroup juga melakukan berbagai inisiatif kegiatan sosial seperti pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim piatu, bantuan 100 komputer dan akses internet yang diberikan kepada sekolah, madrasah, dan pesantren sebagai upaya mendukung pemerataan akses pendidikan digital, serta pemberian santunan kepada 1.000 dhuafa dan disabilitas. 

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen TelkomGroup dalam mendukung pembangunan sosial dan memperkuat nilai kebersamaan, khususnya di momen penuh berkah ini.