Mahasiswi IPB Ciptakan Obat Pencegah Rambut Rontok Berbahan Ikan Kakap

14 November 2018 by
Mahasiswi IPB Ciptakan Obat Pencegah Rambut Rontok Berbahan Ikan Kakap

Selama ini minoksidil biasa digunakan sebagai bahan untuk produk-produk obat pencegah rambut rontok. Namun sayangnya, hasil penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan rambut dengan menggunakan minoksidil yang merupakan bahan sintesis dapat berbahaya. 

Kejadian berbahaya ini tercatat terjadi pada seorang pria yang berusia 42 tahun. Penggunaan minoksidil selama satu bulan telah membuat pria tersebut kehilangan penglihatan.

Hal ini kemudian mendorong Khairani Nabila Ningrum, mahasiswi dari Departemen Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB), untuk membuat obat pencegah rambut rontok yang aman bagi konsumen. 

Khairani membuat produk perawatan rambut ini di bawah bimbingan Prof. Dr. Linawati Hardjito, M.Sc, dan bekerja sama dengan CV Ocean Fresh.

Dalam penelitiannya, Khairani membuat serum rambut dari bahan hidrolisat kolagen ikan kakap yang juga dicampurkan dengan asam. Hidrolisat kolagen ini memiliki sifat larut dalam air. 

"Saya menggunakan ikan kakap karena persentase kandungan asam amino pada ikan kakap yang menjadi komponen utama keratin pada rambut itu besar, glisin 25,2 persen, alanin 14,3 persen, asam glutamat 8,1 persen, prolin 13,1 persen dan hidroksiprolin 8,1 persen," papar Khairani, sebagaimana dikutip siaran pers Humas IPB.

Untuk membuktikan keefektifan kolagen ikan tersebut, Khairani menguji pengaruhnya dengan melibatkan tiga orang yang memiliki permasalahan rambut berbeda. 

Berdasarkan hasil uji tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa kerontokan mereka berkurang setelah menggunakan serum rambut. Sebelum menggunakan serum rambut, kulit kepala mereka terlihat dengan jelas akibat adanya kerontokan. Sementara setelah penggunaan serum rambut, kulit kepala mereka kemudian terlihat tertutup rambut yang sudah tumbuh.

“Saya berharap agar hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai formula sediaan rambut yang telah ditambahkan dengan hidrolisat kolagen ikan sehingga dapat menjadi bahan alternatif anti rambut rontok dalam industri kosmetik yang lebih aman,” ujar Khairani.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2130 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andymulyana 10 May 2019 | 02:40:31

waduh mahasiswa indonesia tuh kreatif semua mantap lah

Daus Daus 10 April 2019 | 13:34:15

wih canggihnya y anak indonesia pintar ini namanya

Suwar No 09 April 2019 | 17:06:38

wah itu bisa g buat rambut yg kribo

Rahmat Aja 09 April 2019 | 14:54:02

kreatif dan perlu dikembangkan lagi bakat mereka ya

Aku 2458 09 April 2019 | 14:20:27

boleh di coba kalo hasilbya memang positif

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top