Makanan Terbuat dari Listrik, Air, dan Udara Siap Dipasarkan

30 June 2019 by
Makanan Terbuat dari Listrik, Air, dan Udara Siap Dipasarkan

Solar Foods, sebuah perusahaan pangan di Finlandia, berencana mulai menjual solein, jenis bahan makanan baru yang terbuat dari listrik, air, dan udara di gerai-gerai swalayan mulai 2021.

Selain menjual di swalayan, Solar Foods juga akan menggandeng Badan Antariksa Eropa (ESA) untuk menjadikan produk makanan baru itu salah satu pilihan ransum para astronot dalam misi ke luar angkasa.

Solar Foods mengklaim bahwa solein akan menjadi bahan pangan masa depan dengan sumber yang tidak terbatas.

"Tak tergantung pada cuaca dan irigasi, solein adalah sumber protein tak terbatas yang tidak terkungkung dalam batas-batas pertanian serta jeratan imajinasi," tulis Solar Foods dalam situs resminya.

Perusahaan yang bermarkas di Helsinki itu mengatakan bahwa bahan pangan baru berbentuk tepung itu sangat kaya protein dan rasanya tak jauh berbeda dari tepung gandum.

Solein dihargai 5 euro atau sekitar Rp 80.000 per kilogram. Tepung itu rencananya akan mulai diproduksi massal pada 2021.

Solar Foods mengatakan bahwa tepung solein diproduksi lewat proses yang mirip dengan pembuatan bir: mikroba hidup dimasukkan ke dalam cairan dan diberi asupan karbon dioksida dan gelembung hidrogen - dua material itu diperoleh dari air yang dialiri listrik.

Dari proses itu, mikroba akan menghasilkan protein. Nah, protein-protein itu dikeringkan untuk menghasilkan tepung solein.

"Ini benar-benar jenis bahan pangan baru, protein baru, yang berbeda dari semua makanan yang ada di pasaran saat ini," kata Pasi Vainikka, direktur eksekutif Solar Foods.

Vainikka mengklaim bahwa solein merupakan bahan pangan paling ramah lingkungan pada saat ini. Ia juga mengatakan bahwa tepung solein bisa dimanfaatkan untuk membuat bahan makanan yang lazim kita temukan saat ini seperti roti atau kue. [The Guardian]

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

531 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
nooran elrahman 19 August 2019 | 23:01:32

takut ada efek samping nya tuh solein

DEVAN YUDISTIRA 17 August 2019 | 10:46:42

kok aneh ya makananya ingin coba kaya gak jadi haha

rayhan 16 August 2019 | 16:04:26

jadi lucu kedengarannya dan sedikit aneh

Fitry Lailatul 15 August 2019 | 15:09:00

mahal sekali makanan yg terbuat dari tepung

As Salaam 15 August 2019 | 15:03:00

bagaimana rasanya kalau bahannya aneh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top