home ×
Technology

Maria Walanda Maramis Berulang Tahun, Google Rayakan Lewat Doodle

01 December 2018 By
Maria Walanda Maramis Berulang Tahun, Google Rayakan Lewat Doodle
Suara

Google merayakan ulang tahun Maria Walanda Maramis yang ke-146 lewat ilustrasi doodle. Doodle yang muncul di halaman awal pencarian tersebut didominasi dengan warna biru dan abu-abu serta sosok Maria Walanda Maramis yang diletakkan di bagian tengah, terlihat memakai baju berwarna hijau.

Doodle tersebut juga didominasi dengan gambar bunga dan daun, terlihat juga doodle bergambar bayi, benang dan jarum sulam, satu set cobek batu, serta sebuah sendok kayu.

Maria Walanda Maramis sendiri merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang berjuang untuk para perempuan Indonesia pada permulaan abad ke-20. Lahir di Kema, Sulawesi Utara, pada 1 Desember 1872, masyarakat Minahasa memperingati Hari Ibu Maria Walanda Maramis tepat pada hari lahirnya.

Ia dikenal dengan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunannya (PIKAT) yang bertujuan untuk mendidik kaum perempuan yang tamat sekolah dasar dalam hal-hal rumah tangga seperti memasak, menjahit, merawat bayi, pekerjaan tangan, dan sebagainya. Untuk menghargai peranannya dalam pengembangan keadaan perempuan Indonesia, Maria Walanda Maramis mendapat gelar Pahlawan Pergerakan Nasional dari pemerintah Indonesia pada tanggal 20 Mei 1969.

Tak hanya itu, untuk mengenang jasanya, telah dibangun Patung Walanda Maramis yang terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, Manado.

Seperti yang diketahui, pengguna dapat menemukan berbagai berita mengenai Maria Walanda Maramis hanya dengan mengeklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.

 

Berita Terkait:

785 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhammad Dhany 20 September 2019 | 00:15:29

pahlawan indonesia yang sangat di kagumi

Axis Hitz 16 September 2019 | 21:58:49

iya nih jadi bisa tahu tentang maria walanda

Uzone Baru 16 September 2019 | 11:10:13

malu sama Mbah Google karena ketidaktahuan

Miftaqul Jannah 16 September 2019 | 10:52:45

pahlawan indonesia yang sangat berjasa

Anas Mubarok 16 September 2019 | 10:49:02

wah google bisa tahu yah gue aja gak tahu

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article