Mazda Cronos, Sedan Buas Mazda yang Melegenda
Mazda Cronos 2.5L V6 tahun 1994 (Foto: Instagram @mazdacronosindonesia)
Uzone.id - Mazda meluncurkan sedan Cronos di tahun 1991 dengan model empat pintu dan mambawa mesin V6 2.0L performa tinggi.
Cronos sendiri mengambil nama Dewa Waktu asal Yunani, yakni Cronus. Mazda membuat Cronos lebih lebar dari Capella dan menawarkan kenyamanan berkendara dan kabin luas yang tidak ditemukan pada mobil lain di kelasnya.Mazda Cronos juga diberi nama Mazda 626 untuk pasar luar Jepang, dengan mengandalkan interior luas dan bisa menampung empat orang dewasa dengan nyaman.
BACA JUGA: Maxim, Ojol Asal Rusia Serbu Indonesia Sejak 2018
Bodinya yang ramping dan aerodinamis berhasil mendapat respons positif dari konsumen sehingga penjualannya cukup laris di masanya.
Dilansir Auto Talkz, Mazda Cronos lahir di Jepang pada Oktober 1991. Mobil ini dilengkapi penggerak roda depan (FWD) dan semua roda (AWD).
Produksi Cronos masih berlangsung hingga 1997, ketika generasi berikutnya dari Capella muncul dengan platform GF.
Sedangkan Mazda Cronos pakai platform GE yang punya dimensi 4.695/1770/1400 mm.
Bagian kursi belakang dibagi dalam skema 2/3 dan lipat untuk menambah kapasitas kompartemen bagasi.
Untuk fitur dasar Mazda Cronos di antaranya ABS, power steering, foglamp, climate control, spion electric, AC swing yang bisa bergerak ke kanan dan kiri, central lock, power window, radio tape recorder, dan kolom kemudi dengan ketinggian yang bisa disesuaikan.
Selain itu, terdapat fitur spoiler belakang dan velg alloy.
Mobil ini membawa mesin bensin 6 silinder 24 katup dengan sistem injeksi elektronik EGI 1.8L dan 2.0L, kemudian 4 siliner 16 valve 2.0L, serta mesin diesel 2.0L.
Untuk mesin berkode KF-ZE dengan isi silinder 1.995 cc (2.0L) memiliki tenaga 160 hp @6.500 rpm dan torsi 179 Nm @5.500 rpm.
BACA JUGA: Kenalan sama Lada Vesta, Mobil Terlaris di Negeri Paman Putin
Mesin tersebut memberikan akselerasi hingga 205 km/jam.
Sedangkan mesin kode K8-ZE 1.845 cc (1.8L) punya tenaga 140 hp @7.000 rpm dan torsi 157 Nm @5.500 rpm.
Untuk versi AWD dipersenjatai mesin berkode FS-DE 4 silinder 1.991 cc (2.0L) yang punya tenaga 125 hp @5.500 rpm dan torsi 175 Nm @4.500 rpm. Mesin tersebut bisa meraih kecepatan hingga 192 km/jam.
Sedangkan untuk mesin diesel RF isi silinder 1.998 (2.0L) cuma menghasilkan 83 hp @4.000 rpm dan karena diesel punya torsi yang gila, yakni 181 Nm @2.000 rpm.
Motornya sendiri dilengkapi dengan sistem forced intake PWS yang memungkinkan motor beroperasi tanpa penundaan dan merespons pedal akselerator dengan mulus.
Untuk suspensi depan independen tipe McPherson, bagian belakang pakai double wishbone.
Mazda juga meluncurkan Cronos Grand Tourismo pada Mei 1992. Model ini dibekali mesin KL-ZE yang punya isi silinder 2.496 cc dengan tenaga 200 hp.
Untuk suspensi depannya pakai peredam kejuta dengan pegas bawaan, serta anti-roll bar yang ditingkatkan.
Itu berkontribusi pada peningkatan yang signifikan dalam kinerja mesin. Rem depan dan belakang sudah dilengkapi cakram berventilasi.
Di bagian kursi penumpang belakang pakai sabuk pengaman tiga titik dan terdapat balok penyerap energi di pintu untuk perlindungan terharap benturan samping.
Mazda Cronos di Indonesia
Mazda Cronos sedan masuk ke Indonesia pada 1993 dengan pilihan mesin 2.0L dan 2.5L. Untuk mesin kode FS-DE 4 silinder jadi versi termurah.
Namun, keberadaan Mazda Cronos di Indonesia terbilang langka karena aturan di mana kuota impor kit CKD untuk rakitan Mazda CKD dibatasi sesuai dengan jumlah penjualan Ford di Indonesia di tahun sebelumnya, seperti dilansir Otoloka.
Aturan itu dibuat agar Ford dan Mazda yang dipasarkan di Indonesia tidak saling memakan. Selain itu, sebagian saham Mazda kemungkinan dipegang oleh Ford.