Mengenal Toyota GR Supra GT4 Evo, Harumkan Indonesia di Balap Asia
Uzone.id - Versi standarnya aja, mobil ini sudah terlalu eksotis, apalagi versi yang dirancang khusus untuk balap garapan Gazoo Racing yang dinamakan Toyota GR Supra GT4 Evo.
Mobil tersebut makin istimewa karena baru saja mengharumkan nama Indonesia di ajang balap Fanatec GT World Challenge Asia 2024.Andalkan GR Supra GT4 Evo, Toyota Gazoo Racing Indonesia berhasil meraih podium pertama kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-1.
Balap touring car kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara.
Toyota GR Supra GT4 Evo dilengkapi mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah di-upgrade performanya oleh TGR sehingga menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.
Toyota sendiri mengatakan, GR Supra GT4 Evo dibuat untuk kepuasan. Mobil ini diciptakan untuk bisa dengan mudah dikemudikan oleh amatir sekalipun.
Untuk merancang mobil ini, pengembangan terfokus pada tiga bidang: rem, pengendalian, dan mesin.
Berkat sistem rem yang ditingkatkan, pengaturan ABS yang disesuaikan, teknologi peredam KW terbaru, dan spesifikasi anti-roll bar yang diperbarui, GR Supra GT4 EVO menghadirkan pengendalian yang lebih baik dan kecepatan menikung yang lebih tinggi.
Pengemudi akan mampu mencapai putaran sempurna melalui peningkatan tenaga dan kurva torsi yang dioptimalkan dari mesin 3,0 liter, enam silinder, turbocharged, yang memanfaatkan sistem pendingin yang dioptimalkan.
“Partisipasi Haridarma Manoppo di kejuaraan Fanatec GT World Challenge Asia (GTWCA) 2024 merupakan bukti keseriusan Toyota Gazoo Racing Indonesia untuk naik ke jenjang lebih tinggi ke balapan yang lebih kompetitif demi memperoleh ilmu serta pengalaman yang lebih luas,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resminya.
SPESIFIKASI
Pemindahan |
2.998cm3 |
Jenis |
Turbocharger enam silinder segaris, gulir ganda tunggal |
Penularan |
Transmisi otomatis ZF dimodifikasi dengan paddle shift |
Berat |
1.360kg* |
Panjang |
4.460 mm |
Lebar |
1.855 mm |